PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII B MTs MANBAUL ILMIN NAFI GUNUNG MULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Sholihuddin, 2101409177 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII B MTs MANBAUL ILMIN NAFI GUNUNG MULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII B MTs MANBAUL ILMIN NAFI GUNUNG MULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII B MTs MANBAUL ILMIN NAFI GUNUNG MULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo Sarang belum memperoleh hasil yang maksimal atau memuaskan. Hal ini disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media ataupun teknik pembelajaran yang mempermudah siswa untuk menulis naskah drama. Sehingga timbul faktor internal, siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan sulit menemukan ide yang menjadi bahan utama dalam menulis naskah drama serta menuangkan ide tersebut ke dalam bentuk naskah drama. Dengan menggunakan teknik picture and picture melalui media gambar berseri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama satu babak siswa dan mampu meningkatkan minat serta mampu memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis nasakah drama satu babak. Berdasarkan pemaparan di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik picture and picture melalui media gambar berseri dan (2) Bagaimana perubahan perilaku pada siswa kelas VIII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan teknik picture and picture melalui media gambar berseri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningakatan kemampuan menulis naskah drama dan perubahan perilaku siswa kelas VIII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan teknik picture and picture melalui media gambar berseri. Penelitian ini menerapkan teknik picture and picture melalui media gambar berseri dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Didalam penelitian ini digunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo, Sarang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpilan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik nontes, yang terdiri atas observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Adapun teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Setelah dilakukan penelitian melalui dua siklus, diketahui bahwa penggunaan teknik picture and picture melalui media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo. Hasil rata-rata klasikal tes siklus I adalah 57,75. Nilai tersebut masih kategori kurang. Pada tes siklus II diperoleh hasil rata-rata klasikal yaitu 78,28 dan sudah termasuk kategori baik, dengan peningkatan sebesar 35,54 % dari hasil siklus I. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh data bahwa dengan pembelajaran menulis naskah drama satu babak dengan teknik picture and picture melalui media gambar berseri, siswa merasa senang dengan pembelajaran ini, siswa lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Siswa merasa lebih percaya diri dalam mengerjakan tugas, dan tidak mengeluhkan tugas tersebut. Peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan teknik picture and picture melalui media gambar berseri dalam kegiatan menulis naskah drama satu babak. Teknik dan media tersebut telah berhasil digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa. Selain itu, guru hendaknya melatih siswa untuk gemar menulis dengan memberikan latihan. Peneliti-peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain untuk khazanah pengajaran pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis naskah drama, teknik picture and picture, media gambar berseri.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 11:21
Last Modified: 22 Jan 2014 11:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19851

Actions (login required)

View Item View Item