PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTs. YPI KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN


Handariyatun, 2101409153 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTs. YPI KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTs. YPI KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTs. YPI KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis petunjuk peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Grobogan masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar. Selama pembelajaran menulis petunjuk, guru hanya mengandalkan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga mengakibatkan peserta didik bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Penyampaian materi secara monoton oleh guru juga membuat peserta didik menyepelekan dan memudahkan materi petunjuk, menganggap bahwa materi petunjuk ini sangat mudah sehingga penghayatan dan keseriusan terhadap pelajaran ini kurang. Penggunaan model kooperatif catatan terbimbing dan media puzzle untuk mengurangi tingkat kebosanan peserta didik selama proses pembelajaran. Selain itu juga supaya pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis petunjuk melalui pembelajaran kooperatif model catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Kabupaten Grobogan; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis petunjuk melalui pembelajaran kooperatif model catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Kabupaten Grobogan; (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik pada keterampilan menulis petunjuk melalui pembelajaran kooperatif model catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis petunjuk melalui pembelajaran kooperatif model catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Kabupaten Grobogan; (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan menulis petunjuk melalui pembelajaran kooperatif model catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Kabupaten Grobogan; dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku terhadap pembelajaran keterampilan menulis petunjuk melalui pembelajaran kooperatif model catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Kabupaten Grobogan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis petunjuk peserta didik kelas VIII A MTs. YPI Klambu Grobogan. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis petunjuk dan penggunaan model kooperatif catatan terbimbing (guided note taking) berbantuan media puzzle. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrument tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatatif. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model kooperatif catatan terbimbing berbantuan media puzzle ternyata dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis petunjuk. Hasil keterampilan menulis petunjuk meningkat setiap tahap. Pada tahap prasiklus hasil rata-rata akhir menulis petunjuk adalah 64,2 dan termasuk kategori kurang. Pada siklus I meningkat sebesar 7,93 atau 10,99 % menjadi 72,13 dan termasuk dalam kategori cukup. Skor akhir yang belum mencapai nilai KKM yaitu 75 mengakibatkan adanya penelitian siklus II. Selain itu, masih terdapat peserta didik yang mendapat nilai dengan kategori kurang dan sikap negatif saat pembelajaran dilaksanakan. Pada siklus II, hasil keterampilan menulis petunjuk peserta didik meningkat sebesar 7,73 atau 9,67 % menjadi 79,86 dan termasuk dalam kategori baik. Setelah dilakukan penelitian siklus I dan siklus II, perubahan perilaku peserta didik menunjukkan ke arah yang positif. Peserta didik merasa senang dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis petunjuk. Selain itu, peserta didik juga lebih aktif dalam bertanya, lebih antusias dalam mengerjakan tugas kelompok, serta lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan model kooperatif (guided note taking) dan media puzzle dalam pembelajaran menulis petunjuk, (2) guru hendaknya melatih peserta didik untuk gemar menulis atau memberi pelatihan terkait pembuatan kalimat efektif dan penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar, dan (3) penelitipeneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan terkait penelitian ini dengan aspek yang berbeda untuk memberikan keragaman mengenai pengajaran pembelajaran bahasa Indonesia dan sekaligus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, menulis petunjuk, model kooperatif catatan terbimbing (guided note taking), media puzzle.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 11:17
Last Modified: 22 Jan 2014 11:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19850

Actions (login required)

View Item View Item