PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII A MTS AL ISLAM LIMPUNG KAB. BATANG


Muqorrobin, 2101409152 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII A MTS AL ISLAM LIMPUNG KAB. BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII A MTS AL ISLAM LIMPUNG KAB. BATANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII A MTS AL ISLAM LIMPUNG KAB. BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIA MTs Al Islam Limpung Kab. Batang relatif rendah. Terbukti masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan menulis puisi, khususnya dalam menentukan diksi dan berimajinasi untuk dijadikan sumber menulis puisi. Salah satu cara yang dilakukan peneliti untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan menggunakan teknik pengelompokan kata dengan bantuan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi. Dari keterangan di atas maka penelitian ini akan mengkaji tiga masalah yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi melalui teknik pengelompokan kata dengan bantuan media gambar, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIA MTs Al Islam Limpung setelah pembelajaran menggunakan teknik pengelompokan kata dan media gambar, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIIA MTs Al Islam Limpung dengan menggunakan teknik pengelompokan kata dan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII A MTs Al Islam Limpung Kab. Batang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik pengelompokan kata dengan bantuan media gambar; (2) mendeskrpsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis puisi melalui teknik pengelompokan kata dengan bantuan media gambar; dan (3) mendeskripsiak perubahan perilaku positif siswa kelas VIII A MTs Al Islam Limpung Kab. Batang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik pengelompokan kata dengan bantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A MTS Al Islam Limpung. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik tes berupa tes unjuk kerja yang menghasilkan puisi karya siswa. Sedangkan teknik nontes diperoleh dari data observasi, wawancara, catatan harian siswa, jurnal guru, dan dokumentasi. Lembar observasi untuk memperoleh data tentang perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik pengelompokan kata dengan bantuan media gambar. Wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kesulitan dalam pembelajaran menulis puisi serta mengetahui keadaan siswa selama proses pembelajaran menulis puisi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIA MTs Al Islam Limpung Kab. Batang melalui teknik pengelompokan kata dan media gambar. Nilai rata-rata kelas dalam siklus I dengan kategori cukup yaitu dengan nilai rata-rata kelas mencapai 68,21. Selanjutnya dalam siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,78 dengan peningkatan sebesar 8,57 dan termasuk kategori baik. Dengan teknik pengelompokan kata dan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi perubahan perilaku siswa semakin meningkat yaitu siswa menjadi lebih antusias, senang, dan tertarik. Sedangkan proses pembelajaran menulis puisi, siswa merasa senang dan sangat memperhatikan dengan tekun mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis menyarankan agar para guru dalam pembelajaran menulis puisi teknik pengelompokan kata dengan berbantuan media gambar dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran dalam materi yang lain. Saran bagi peneliti yang lain untuk melakukan penelitian yang serupa dengan teknik dan atau media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, teknik pengelompokan kata, media gambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 10:12
Last Modified: 22 Jan 2014 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item