PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SUNAN AMPEL SMA WALISONGO PECANGAAN


Puji Setyo Wibowo, 2101409112 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SUNAN AMPEL SMA WALISONGO PECANGAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SUNAN AMPEL SMA WALISONGO PECANGAAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SUNAN AMPEL SMA WALISONGO PECANGAAN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis cerpen tidak dapat dilakukan siswa secara tiba-tiba akan tetapi harus melalui proses pembelajaran dan melalui proses berlatih, secara berkelanjutan. Keterampilan menulis cerpen tentu akan meningkat seiring dengan pembinaan yang tepat dan terencana. Akan tetapi, dalam pembelajaran menulis cerpen siswa masih kesulitan, dalam mengembangkan ide/gagasan yang berakibat tidak berhasilnya siswa dalam membuat cerpen, baik dari segi penokohan, alur cerita, setting dalam cerita. Belum optimalnya kemampuan menulis cerpen siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan disebabkan kurang adanya motivasi mengikuti pembelajaran menulis cerpen dan rendahnya semangat siswa dalam menulis. Selain itu, siwa masih merasa terpaksa dalam hal menulis. Siswa juga sering merasa kesulitan dalam mengawali sebuah cerita, serta siswa tidak bisa mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah cerita yang utuh dan baik serta runtut. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang sesuai. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual, yaitu cara dramatik untuk meminta peserta didik menulis cerita pendek tindakan saat sekarang dari sebuah pengalaman yang telah mereka alami (seolah-olah tindakan itu terjadi di sini dan sekarang). Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual pada siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual pada siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan, dan (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual. Tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual pada siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual pada siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan, dan (3) Untuk mendeskripsikan perilaku belajar siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan yang berjumlah 37 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X Sunan Ampel SMA Walisongo Pecangaan menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual yaitu, (1) proses internalisasi penumbuhan minat siswa untuk menulis cerpen, (2) proses diskusi yang kondusif, (3) poses siswa memilih unsurunsur pembangun cerpen sehingga siswa mampu menulis cerpen, (4) kondusifnya kondisi siswa saat memaparkan hasil pekerjaannya didepan kelas, dan (5) terjadinya proses reflektif sehingga siswa bisa menyadari kekurangan saat proses pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerpen siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual telah mencapai hasil yang optimal. Hasil tes menulis cerpen pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,51. Setelah dilakukan tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,45 atau meningkat sebesar 9,94 atau 13,70%. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa telah mencapai hasil yang optimal. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual yang mencakup keaktifan, keantusiasan, kesungguhan siswa, keberanian dan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual dalam pembelajaran menulis cerpen, karena metode dan media ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan (2) bagi para peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis cerpen dengan metode pembelajaran yang berbeda. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode menggunakan metode writing in the here and now dengan media audiovisual, karena dengan penerapan metode ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan lebih menarik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, metode writing in the here and now,media audiovisual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 17:12
Last Modified: 15 Jan 2014 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19847

Actions (login required)

View Item View Item