PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM BENTUK VCD INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII


Aditya Pradana, 2101409102 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM BENTUK VCD INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM BENTUK VCD INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM BENTUK VCD INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia termasuk pada aspek menulis puisi. Terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang sesuaimengakibatkan lemahnya kompetensi siswa dalam menulis puisi. Media pembelajaran menulis puisi yang ada masih sebatas media konvensional dan kurang berkualitas seperti gambar atau foto. Hal ini menyebabkan siswa cenderung jenuh, bosan, dan tidak terinspirasi. Media pembelajaran yang berkualitas adalah media yang selain mampu meningkatkan kompetensi siswa juga dapat melatih mereka untuk mengembangkan kreatifitas dan menanamkan nilai-nilai positif seperti pendidikan karakter. Media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter berpotensi memberikan kontribusi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter yang sesuai dengan permasalahan serta kebutuhan guru dan siswa SMP kelas VII, (2) bagaimanakah prototipe media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan guru dan siswa SMP kelas VII (3) Bagaimanakah saran dan penilaian ahli terhadap media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan guru dan siswa SMP kelas VII, (4) Bagaimanakah hasil perbaikan media pembelajaran menulis puisi berbentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter untuk SMP kelas VII setelah memperoleh penilaian dan saran dari para ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) deskripsi hasil penilaian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan pengembangan media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter untuk SMP kelas VII. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskrisptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter, meliputi: (a) materi yang memiliki nilai relevansi dengan kehidupan sosial siswa; (b) memiliki sisipan nilai-nilai pendidikan karakter yang secara tidak langsung menuntun dan menasihati siswa dalam bertingkah laku; (c) bersifat interaktif; dan (d) seperangkat media pembelajaran ini terdiri atas tampilan awal VCD interaktif yang memuat judul, standar kompetensi, dan kompetensi dasar. Selain itu, dilengkapi dengan petunjuk penggunaan VCD interaktif sehingga memudahkan siswa untuk menggunakannya. Tidak hanya itu, materi menulis puisi dilengkapai dengan penerapan menggunakan berbagai macam teknik menulis puisi, motivasi untuk menjadi penulis puisi, latihan menulis puisi berbantu slide gambar dan musik instrumen, serta evaluasi berbentuk pilihan ganda yang dapat menguji pemahaman siswa. Media pembelajaran tersebut diharapkan mempermudah siswa dalam memahami materi dan meningkatkan keterampilan mereka dalam kegiatan menulis puisi, dan (3) hasil penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pada aspek sampul dan label VCD interaktif, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 86,2 dan dari ahli sebesar 80; (b) pada aspek materi nilai yang diperoleh dari guru sebesar 92,47 dan dari ahli 88,75; (c) pada aspek pendidikan karater nilai yang diperoleh dari guru sebesar 94,77 dan dari ahli 66,07; (d) pada aspek visual nilai yang diperoleh dari guru 97,2 dan dari ahli 87,5; (e) pada aspek tulisan nilai yang diperoleh dari guru sebesar 75 dan dari ahli 87,5; (f) pada aspek audio nilai yang diperoleh dari guru sebesar 75 dan dari ahli sebesar 87,5. Saran yang direkomendasikan peneliti adalah (1) guru bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter untuk SMP kelas VII sebagai alternatif media yang dipakai untuk mengajarkan materi menulis puisi karena media ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, (2) guru hendaknya dapat mengarahkan siswa untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai pendidikan karakter sejak usia dini, karena sangat berguna untuk menentukan karakter bangsa di masa yang akan datang, dan (3) penelitian ini masih perlu dilanjutkan guna menyempurnakan kekurangan pada media pembelajaran interaktif tersebut serta perihal yang disebabkan keterbatasan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katmedia pembelajaran, menulis puisi, pendidikan karakter, VCD interaktif.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 12:47
Last Modified: 15 Jan 2014 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19845

Actions (login required)

View Item View Item