PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA MELAYU KLASIK BERMUATAN KARAKTER DALAM MODEL CIRC UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA


Ika Jani Sayekti, 2101409097 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA MELAYU KLASIK BERMUATAN KARAKTER DALAM MODEL CIRC UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA MELAYU KLASIK BERMUATAN KARAKTER DALAM MODEL CIRC UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA MELAYU KLASIK BERMUATAN KARAKTER DALAM MODEL CIRC UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sastra merupakan salah satu bentuk seni yang dapat diapresiasi. Tujuan pengajaran sastra adalah terbinanya apresiasi dan kegemaran terhadap sastra yang didasari oleh pengetahuan dan keterampilan di bidang sastra. Namun, kenyataan di lapangan apresiasi sastra kurang diminati oleh siswa. Sistem pembelajaran yang monoton dan kurangnya bahan ajar yang mampu mendorong minat siswa menjadi salah satu penyebabnya. Pengembangan bahan ajar apresiasi sastra perlu dilakukan sehingga hal tersebut mampu membantu siswa dalam mengapresiasi sastra dan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan pengembangan bahan ajar bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan mengapresiasi sastra Melayu? (2) bagaimana karakteristik bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan mengapresiasi sastra Melayu? (3) bagaimana pengembangan bahan ajar yang telah dikembangkan? Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan kebutuhan pengembangan bahan ajar apresiasi sastra Melayu untuk meningkatkan keterampilan mengapresiasi sastra melayu, (2) mendeskripsi karakteristik bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan mengapresiasi sastra Melayu, (3) memaparkan pengembangan bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan empat tahapan, yaitu: (1) survei pendahuluan; (2) pengembangan prototipe bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik bermuatan karakter (3) penilaian prototipe bahan ajar; dan (4) perbaikan/revisi prototipe bahan ajar. Analisis kebutuhan menggunakan angket sementara validasi prototipe bahan ajar menggunakan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik bagi keterampilan mengapresiasi sastra Melayu klasik siswa SMA Negeri 1 Tengaran, SMA Negeri 1 Suruh, dan MAN 1 Suruh. Variabel bebas pada penelitian ini adalah keterampilan mengapresiasi sastra Melayu klasik dan bahan ajar sastra Melayu klasik, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan mengapresiasi sastra Melayu klasik untuk siswa kelas XII SMA/MA. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik, meliputi: a) isi materi bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik bermuatan karakter, b) bentuk bahan ajar; (2) karakteristik bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik meliputi: a) bahan ajar apresiasi satra Melayu klasik memiliki nilai relevansi yang sesuai dengan kehidupan sosial peserta didik, b) pada karya sastra Melayu klasik terdapat nilai-nilai karakter yang mampu menuntun dan menasihati siswa dalam bertingkah laku, dan c) pengembangan bahan ajar berisi materi yang menunjang pembelajaran apresiasi sastra Melayu klasik; dan (3) hasil pengembangan bahan ajar berisi materi yang dikembangkan berdasarkan prinsip pengembangann yakni kelayakan ini, kelayakan penyajian, kelaayakan bahasa, dan kelayakan grafika. Saran yang direkomendasikan peneliti antara lain (1) Guru bahasa Indonesia hendaknya memilih model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran apresiasi sastra Melayu klasik, (2) penelitian pengembangan bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik ini hendaknya dapat dilanjutkan dalam penilitian tindakan kelas untuk mengatasi rendahnya kualitas pembelajaran apresiasi sastra Melayu klasik yang disebabkan oleh minimnya bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik, (3) para pemerhati pendidikan hendaknya dapat bersinergi untuk mengadakan pengembangan terhadap bahan ajar apresiasi sastra Melayu klasik jenis puisi atau prosa lain agar bahan ajar yang berkenaan dengan sastra Melayu klasik semakin beragam dan memudahkan siswa dalam mencapai kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, sastra Melayu klasik, bermuatan karakter.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 12:03
Last Modified: 15 Jan 2014 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item View Item