PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI MENGGUNAKAN MODEL DRALADATER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X-C SMA NEGERI 2 REMBANG


Dian Nurul Farida, 2101409087 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI MENGGUNAKAN MODEL DRALADATER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X-C SMA NEGERI 2 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI MENGGUNAKAN MODEL DRALADATER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X-C SMA NEGERI 2 REMBANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI MENGGUNAKAN MODEL DRALADATER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X-C SMA NEGERI 2 REMBANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan membaca puisi siswa kelas X-C SMA Negeri 2 Rembang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor intern dalam pembelajaran membaca puisi, diantaranya faktor guru, faktor siswa, dan sistem evaluasi guru. Guru kurang memberikan cara yang tepat bagaimana membaca puisi dengan baik dan benar serta mudah. Hal tersebut dapat berpengaruh pada siswa sebagai subjek belajar. Siswa menjadi merasa kurang percaya diri dan kurang tertarik pada pembelajaran membaca puisi. Pemikiran siswa akan semakin kuat mengenai pembelajaran membaca puisi yaitu pembelajaran yang sulit dan membosankan. Karena hal itu, minat dan bakat siswa tidak tersalurkan sehingga menyebabkan siswa kurang mempunyai keinginan untuk mempelajari lebih dalam tentang membaca puisi. Melalui pembelajaran membaca puisi menggunakan model draladater berbantuan media audiovisual ini diharapkan menjadi model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan pembelajaran membaca puisi di SMA Negeri 2 Rembang. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan model draladater berbantuan media audiovisual, bagaimanakah proses pembelajaran membaca indah puisi menggunakan model draladater berbantuan media audiovisual, serta bagaimanakah perubahan sikap dan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran membaca puisi menggunakan model draladater berbantuan media audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas X-C SMA Negeri 2 Rembang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, catatan harian siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran membaca puisi menggunakan model draladater berbantuan media audiovisual, nilai rata-rata kelas X-C SMA Negeri 2 Rembang mengalami peningkatan. Hasil pada siklus I meningkat sebesar 10,25 dari nilai rata-rata tahap prasiklus sebesar 50,25. Hasil siklus II meningkat sebesar 10,15 dari siklus I yang memiliki nilai rata-rata tahap prasiklus sebesar 50,25. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X-C SMA Negeri 2 Rembang menunjukkan perubahan ke arah positif, siswa lebih tertarik senang, dan antusias dalam pembelajaran membaca puisi menggunakan model draladater berbantuan media audiovisual sehingga mereka lebih mudah dalam mengekspresikan isi dari puisi yang akan di bacanya. Berdasarkan penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru hendaknya memilih metode, model, strategi, dan media yang tepat dalam pembelajaran membaca puisi. Selainitu, guru hendaknya juga selalu membimbing siswa dan memberikan contoh dalam membaca puisi agar siswa mampu berkreasi dengan lebih baik dan mampu membaca puisi dengan cara yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca puisi, model draladater, media audiovisual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 11:25
Last Modified: 15 Jan 2014 11:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item View Item