Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Kreatif dan Produktif Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan
Aminatus Zahroh, 2101409079 (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Kreatif dan Produktif Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Kreatif dan Produktif Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan)
- Published Version
Download (15MB) | Preview |
Abstract
Aspek keterampilan menulis selain dalam pengajaran bahasa juga diberikan dalam pengajaran sastra. Salah satunya adalah menulis puisi. Mengacu pada Kurikulum 2004 bahwa keterampilan menulis puisi sudah diajarkan mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi, pada kenyataannya pembelajaran menulis puisi di sekolah masih banyak kendala dan cenderung dihindari. Sebagaimana hasil observasi yang telah dilakukan peneliti, tingkat keterampilan peserta didik kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan Banjarejo, Kabupaten Grobogan dalam menulis puisi masih rendah. Rendahnya keterampilan tersebut disebabkan rata-rata peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan diksi dan berimajinasi. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis kreatif puisi peserta didik kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan ketika dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi serta perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar. Terdapat dua siklus dalam penelitian ini, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum memasuki kedua siklus dilakukan pretes untuk mengetahui kondisi awal keterampilan peserta didik dalam menulis puisi. hasil dari pretes, siklus I, dan siklus II dibandingkan. Dengan pembandingan tersebut, akan diketahui sejauh mana keterampilan peserta didik dalam menulis puisi dan perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar. Proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar berlangsung lancar dan terarah. Kemudian, berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tes pratindakan hanya mencapai nilai rata-rata 55,4. Selanjutnya pada siklus I meningkat sebesar 24,40% dengan nilai ratarata 73,28. Kemudian pada siklus II meningkat lagi sebesar 8,63% dengan nilai ratarata mencapai 80,2. Peningkatan hasil tes juga diikuti oleh perubahan perilaku peserta didik kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan Banjarejo, Kabupaten Grobogan ke arah yang lebih positif. Mengingat hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan Banjarejo, Kabupaten Grobogan, maka hendaknya model dan media tersebut juga dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis puisi, model kreatif dan produktif, media gambar |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 11:21 |
Last Modified: | 15 Jan 2014 11:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19841 |
Actions (login required)
View Item |