PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI


Khusna Kusumawati, 2101409068 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis naskah drama satu babak kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni menunjukkan hasil yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yang berpengaruh yaitu faktor guru dan faktor siswa. Selama ini, metode yang digunakan masih konvensional dan belum bervariasi. Ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran sehingga terkesan monoton. Selain itu, belum adanya pemanfaatan media oleh guru menyebabkan siswa menjadi jenuh dan bosan dengan pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengubah cara yang digunakan guru dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam pembelajaran yaitu menggunakan media kartu gambar dan metode picture and picture. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini membahas permasalahan yaitu (1) bagaimana pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi pembelajaran menulis naskah drama, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis naskah drama, dan perubahan perilaku siswa tersebut setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture. Adapun manfaat penelitian ini adalah dapat menambah khasanah pengembangan pengetahuan, khususnya dalam pembelajaran menulis naskah drama dan menjadi acuan baru dalam pembelajaran guna mencapai penguasaan kompetensi menulis naskah drama, yaitu melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture. Selain itu, penelitian inipun diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun variabel penelitiannya adalah keterampilan menulis naskah drama dan media kartu gambar dengan metode picture and picture. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menulis naskah drama, sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakan yaitu berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar dengan metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak. Pada siklus I diperoleh nilai ratarata sebesar 63,24; sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,76; jadi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,52 poin atau sebesar 16,64% dari rata-rata siklus I. Selain itu, perubahan perilaku siswa yang dialami yaitu siswa menjadi lebih semangat, aktif mengikuti pembelajaran, dan siswa menjadi lebih senang serta termotivasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran yaitu 1) sebaiknya media kartu gambar dan metode picture and picture digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak, 2) hendaknya siswa lebih antusias dalam pembelajaran dan berlatih menulis naskah drama agar perbendaharaan kata yang dikuasai semakin meningkat, dan 3) bagi para peneliti yang menekuni bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia kiranya dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis naskah drama

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis naskah drama, media kartu gambar, metode picture and picture.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 11:16
Last Modified: 15 Jan 2014 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19840

Actions (login required)

View Item View Item