PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN METODE PENAMPILAN MELALUI MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG


Yesi Makunti, 2101409053 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN METODE PENAMPILAN MELALUI MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN METODE PENAMPILAN MELALUI MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA DENGAN METODE PENAMPILAN MELALUI MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal, keterampilan membacakan teks berita siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Tengaran masih kurang dan belum mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah tersebut. Siswa mengalami kesulitan pada saat membacakan teks berita di depan kelas. Dengan metode penampilan dan media teks berjalan diharapkan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dan keterampilan membacakan teks berita dapat ditingkatkan. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran membacakan teks berita, (2) bagaimana peningkatan membacakan teks berita siswa, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Tengaran setelah mengikuti pembelajaran membacakan teks berita dengan metode penampilan melalui media teks berjalan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi proses pembelajaran keterampilan membacakan teks berita, (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan membacakan teks berita, dan (3) mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Tengaran setelah mengikuti pembelajaran membacakan teks berita dengan metode penampilan melalui media teks berjalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membacakan teks berita yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Tengaran. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan membacakan teks berita dan metode penampilan dengan media teks berjalan. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan membacakan teks berita siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes membacakan teks berita dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Proses pembelajaran membacakan teks berita dengan metode penampilan melalui media teks berjalan berlangsung lancar. Siswa mampu mengikuti pembelajaran secara intensif dengan suasana kondusif, sehingga mampu meningkatkan pembelajaran membacakan teks berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran membacakan teks berita dengan metode penampilan melalui media teks berjalan efektif untuk meningkatkan keterampilan membacakan teks berita. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan membacakan teks berita siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang setelah dilakukan pembelajaran membacakan teks berita dengan metode penampilan melalui media teks berjalan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 65,34 dan tergolong dalam kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,59 dan dalam kategori baik. Peningkatan dari siklus I menuju siklus II mencapai 15,3 atau sebesar 23,33%. Peningkatan keterampilan membacakan teks berita ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyampaikan saran kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP untuk menerapkan pembelajaran dengan metode penampilan dan media teks berjalan sebagai alternatif pembelajaran membacakan teks berita. Dengan demikian, penelitian lanjutan sangat disarankan untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membacakan teks berita, metode penampilan, media teks berjalan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 10:58
Last Modified: 15 Jan 2014 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19838

Actions (login required)

View Item View Item