PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PANTUN BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BAGI SISWA KELAS 4


Dewiyani Mulyaning Tyas, 2101409045 (2013) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PANTUN BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BAGI SISWA KELAS 4. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PANTUN BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BAGI SISWA KELAS 4]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PANTUN BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BAGI SISWA KELAS 4) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Realisasi pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan nilainilai karakter di segala komponen pembelajaran, termasuk di dalam bahan ajar menulis pantun di kelas 4. Setelah mempelajari buku-buku tentang pantun yang sudah ada, ditemukan fakta bahwa buku-buku tersebut masih belum sesuai harapan, baik dari aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, maupun grafika. Relevan dengan situasi tersebut, diperlukan buku pengayaan menulis pantunberbasis nilai-nilai karakter yang sesuai bagi siswa kelas 4, baik dari aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, maupun grafika. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) kondisi buku-buku tentang pantun yang sudah ada, (2) kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4, (3) prototipe buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4 yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru serta materi pelajaran dalam kurikulum, (4) penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa terhadap prototipe buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4, dan (5) perbaikan prototipe buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4 berdasarkan penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kondisi buku-buku tentang pantun yang sudah ada, (2) kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4, (3) mendeskripsikan gambaran profil buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4 yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru serta materi pembelajaran dalam kurikulum, (4) mendeskripsikan penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa terhadap prototipe buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4, dan (5) mendeskripsikan perbaikan prototipe buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4 berdasarkan penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa. Dalam mengembangkan buku pengayaan menulis pantun berbasis nilainilai karakter bagi siswa kelas 4, langkah-langkah penelitian research and development (R&D) direduksi hanya sampai pada proses revisi desain. Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, dan (5) tahap revisi desain. Subjek penelitian ini adalah pengembangan buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4. Sumber data yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan dan penilaian buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4adalah siswa, guru, dan ahli. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengembangan buku pengayaan menulis pantun, sedangkan variabel terikatnya adalah nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kebutuhan, angket uji validasi, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) kualitas aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbaacaan, serta aspek grafika buku-buku tentang pantun yang sudah ada masih belum memadai; (2) buku pengayaan menulis pantun yang dibutuhkan oleh siswa dan guru adalah buku pengayaan menulis pantun yang terintegrasi nilai-nilai karakter religius, jujur, cerdas, bertanggung jawab dan komunikatif, tersusun oleh materi pengantar, cerita sebagai konteks penulisan pantun, dan latihan menulis pantun; (3) buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4yang dikembangkan dicetak pada kertas B5 80 gram, terdiri atas teori tentang pantun, cerita anak, ulasan nilai-nilai karakter, contoh pantun berdasarkan cerita, latihan berikut pengayaan dengan kesulitan yang semakin meningkat, serta halaman refleksi; (4) penilaian guru dan ahli pada subdimensi isi diperoleh nilai 96,63dengan kategori sangat baik, pada subdimensi penyajian diperoleh nilai 93,75 dengan kaegori sangat baik, pada subdimensi bahasa dan keterbacaan diperoleh nilai 97,08 dengan kategori sangat baik, serta pada aspek grafika diperoleh nilai 85 dengan kategori sangat baik; serta (5) perbaikan yang perlu dilakukan terhadap buku pengayaan menulis pantun berbasis nilai-nilai karakter bagi siswa kelas 4meliputi perbaikan tata tulis, penambahan umpan balik pada bagian latihan dan pengayaan, penonjolan nilai-nilai religius, penggantian judul subbab “Kita Tiru, Yuk!” menjadi “Kita Teladani, Yuk!”, pencantuman nilai-nilai karakter pada bagian pengantar bab, perbaikan penyajian cerita, penggantian judul bab dan pencantuman judul cerita, penambahan contoh pantun yang keliru, penambahan glosarium, serta perbaikan tampilan buku. Saran yang direkomendasikan meliputi (1) para guru dan orang tua hendaknya memilih buku-buku yang memiliki muatan nilai-nilai karakter sebagai bahan bacaan siswa/anak untuk menunjang pembentukan karakter siswa/anak sejak dini, (2) para ahli sastra hendaknya mengkaji lebih dalam jenis-jenis pantun berdasarkan isi untuk menghasilkan pengelompokan pantun yang lebih tepat, (3) para pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan buku pengayaan yang sesuai dengan pembaca sasaran sehingga pemanfaatan buku menjadi lebih optimal, dan (4) perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang perkembangan pantun dari masa ke masa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis pantun, dan nilai-nilai karakter.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 10:54
Last Modified: 15 Jan 2014 10:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item View Item