PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII


Suci Nur Amalia, 2101409037 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya siswa SMP kurang tertarik dalam mengikuti perkembangan zaman melalui berita di media cetak. Padahal, dengan mengetahui berita-berita di berbagai media cetak maka siswa dapat memperkaya wawasan mereka tentang keanekaragaman peristiwa yang terjadi baik di dalam maupun luar negeri. Jika dibiarkan, hal ini dapat mempengaruhi ketercapaian kompetensi menulis berita di sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ada upaya yang dilakukan. Salah satu upaya tersebut berasal dari buku panduan menulis berita yang digunakan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru agar keterampilan siswa dalam menulis berita meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) apa sajakah kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis berita?, (2) bagaimana prototipe bahan ajar menulis berita?, (3) bagaimana penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli terhadap bahan ajar menulis berita?, dan (4) bagaimana hasil perbaikan prototipe bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual? Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis berita, (2) membuat prototipe bahan ajar menulis berita, (3) memperoleh hasil penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli, dan (4) membuat perbaikan prototipe bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap penelitian, yaitu (1) survei pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe bahan ajar, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi dan perbaikan desain. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual pada siswa SMP kelas VIII. Sumber data dalam penelitian adalah siswa dan guru dari SMP Negeri 2 Brebes, SMP Negeri 1 Brebes, dan SMP Negeri 2 Wanasari, serta ahli pengembangan bahan ajar dan ahli keterampilan menulis dari Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu (1) angket kebutuhan siswa, (2) angket kebutuhan guru, dan (3) angket uji validasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) berdasarkan analisis kebutuhan terhadap bahan ajar menulis berita, diketahui bahwa kebutuhan siswa dan guru antara lain (a) bahan ajar berisi hakikat berita, multikultural, contoh berita, langkah-langkah menulis berita, contoh-contoh, dan latihan soal, (b) sampul berwarna-warni dengan ilustrasi dua gambar atau lebih, dan (c) buku berukuran kecil (A5); (2) prototipe bahan ajar yang disusun terdiri atas enam bab, yaitu mengenal teks berita, hakikat berita, menulis berita bertopik multikultural, praktik menulis berita bertopik multikultural, rangkuman materi, dan uji kompetensi. Bahan ajar memuat ketujuh komponen pendekatan kontekstual; (3) dari hasil penilaian guru dan ahli dapat diketahui bahwa (a) pada aspek penyajian materi, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 95,84 dan dari ahli sebesar 50, (b) pada aspek isi/materi, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 87,96 dan dari ahli sebesar 65,28, (c) pada aspek bahasa dan keterbacaan, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 91,67 dan dari ahli sebesar 75, dan (d) pada aspek grafika, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 87,04 dan dari ahli sebesar 69,45; dan (4) prototipe setelah perbaikan terdiri atas tiga bab, yaitu hakikat teks berita, unsusr dan struktur teks berita, dan menulis berita peristiwa multikultural. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar antara lain materi berita lengkap (pengertian, unsur, struktur, langkah penulisan, dan contoh penulisan), peristiwa multikultural tentang keragaman budaya, agama, dan ras, soal latihan berupa pilihan ganda dan uji petik produk, terdapat rangkuman materi, daftar isi, glosarium, daftar pustaka, dan biografi penulis; (2) bahan ajar terdiri atas tiga bab yang memuat ketujuh komponen pendekatan kontekstual; (3) nilai rata-rata oleh guru dan ahli pada aspek penyajian materi sebesar 72,92 termasuk kategori baik, aspek isi/materi sebesar 72,46 termasuk kategori baik, aspek bahasa dan keterbacaan sebesar 83,34 termasuk kategori sangat baik, dan aspek grafika sebesar 78,24 termasuk kategori sangat baik; dan (4) bahan ajar terdiri atas tiga bab. Saran yang penulis rekomendasikan adalah (1) hendaknya guru menggunakan bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual sebagai alternatif dalam pembelajaran karena bahan ajar ini sudah dinilai oleh guru dan ahli dengan hasil yang memuaskan dan (2) peneliti lain dapat mengembangkan bahan ajar menulis berita lebih lanjut dengan menggunakan model atau metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menulis berita, multikultural, pendekatan kontekstual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 10:46
Last Modified: 15 Jan 2014 10:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19836

Actions (login required)

View Item View Item