PENINGKATAN KETERAMPILAN KEPEWARAAN MELALUI TAYANGAN VIDEO DENGAN POLA KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 WONOKERTO PEKALONGAN

Arina Hanani, 2101409035 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN KEPEWARAAN MELALUI TAYANGAN VIDEO DENGAN POLA KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 WONOKERTO PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN KEPEWARAAN MELALUI TAYANGAN VIDEO DENGAN POLA KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 WONOKERTO PEKALONGAN) - Published Version
Download (2616Kb)

    Abstract

    Keterampilan kepewaraan merupakan kepiawaian untuk menyelesaikan tugas membawakan acara agar berlangsung dengan baik dan sesuai rencana. Namun, pembelajaran keterampilan kepewaraan di SMP Negeri 1 Wonokerto belum mencapai hasil yang maksimal. Untuk itu, guru perlu menerapkan pola kooperatif think-pair-share dalam pembelajaran keterampilan kepewaraan agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk diikuti siswa, serta memberikan kesempatan lebih bagi siswa untuk berlatih berbicara. Tayangan video yang digunakan saat pembelajaran juga dapat memberi gambaran secara jelas kepada siswa tentang kegiatan pewara dalam membawakan acara. Dengan demikian, siswa lebih termotivasi untuk meningkatkan keterampilan kepewaraan dan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif think-pair-share, peningkatan hasil keterampilan kepewaraan, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII-7 setelah mengikuti pembelajaran keterampilan kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif thinkpair- share. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi proses pembelajaran keterampilan kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif thinkpair- share, hasil peningkatan keterampilan kepewaraan, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII-7 setelah mengikuti pembelajaran keterampilan kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif think-pair-share. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini, yaitu keterampilan kepewaraan siswa kelas VIII-7, sedangkan sumber datanya adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Wonokerto Pekalongan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan kepewaraan dan pola kooperatif think-pair-share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif think-pair-share berlangsung baik dan lancar. Namun, ada beberapa siswa belum bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Kendala tersebut dapat diatasi dengan intensif mengarahkan siswa untuk serius mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, hasil tes keterampilan kepewaraan siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Wonokerto Pekalongan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas VIII-7 pada prasiklus mencapai 67,8, pada siklus I mencapai 71,9, dan pada siklus II mencapai 79,9. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas VIII-7 dari prasiklus ke siklus I sebanyak 4,1 atau 6%, dari siklus I ke siklus II sebanyak 8 atau 11% , dan dari prasiklus ke siklus II sebanyak 12,1 atau 18%. Peningkatan nilai rata-rata tersebut membuktikan keberhasilan pembelajaran kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif think pair share. Sementara itu, perilaku siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Wonokerto Pekalongan mengalami perubahan ke arah lebih baik setelah mengikuti pembelajaran keterampilan kepewaraan melalui tayangan video dengan pola kooperatif think-pair-share. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari antusiasme siswa terhadap pembelajaran, keseriusan siswa mengikuti proses pembelajaran, dan tanggung jawab siswa menyelesaikan tugas. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini, yaitu guru matapelajaran bahasa dan sastra Indonesia kiranya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif pola think-pair-share sebagai alternatif dalam pembelajaran kepewaraan, dan sekolah hendaknya lebih memaksimalkan fungsi ruang multimedia untuk menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pembelajaran kepewaraan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Kepewaraan, Tayangan Video, Pola Kooperatif Think- Pair- Share, Siswa Kelas VIII-7
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 15 Jan 2014 05:36
    Last Modified: 15 Jan 2014 05:36

    Actions (login required)

    View Item