PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KETERKAITAN UNSUR INTRINSIK SUATU CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 1 COMAL


Dessy Fatmala Harliani, 2101409029 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KETERKAITAN UNSUR INTRINSIK SUATU CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 1 COMAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KETERKAITAN UNSUR INTRINSIK SUATU CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 1 COMAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KETERKAITAN UNSUR INTRINSIK SUATU CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 1 COMAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sastra seperti prosa, puisi, dan drama bertujuan agar siswa mampu menikmati, memahami, dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Untuk memahami dan menghayati karya sastra, siswa diharapkan langsung membaca karya sastra bukan membaca ringkasannya. Tujuan akhirnya adalah menanamkan dan menumbuhkan kepekaan terhadap masalah-masalah manusiawi, pengenalan dan rasa hormatnya terhadap tata nilai baik konteks individu maupun sosial. Pembelajaran sastra khususnya menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari kurang mendapat perhatian dari guru maupun siswa. Guru mengajarkan siswa tentang unsur intrinsik tanpa mengajarkan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Comal rendah. Hal ini disebabkan metode yang digunakan guru belum mampu mengubah kemampuan dan perilaku siswa dalam pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X.7 SMAN 1 Comal, (2) bagaimana peningkatan kemampuan menganalisis keterkaitan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X.7 SMAN 1 Comal, (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X.7 SMAN 1 Comal selama mengikuti pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata atau ketuntasan minimal yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Comal. Pengumpulan data siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Comal dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) siswa dan guru menemukan materi tentang unsur intrinsik cerpen, (2) guru menyampaikan langkahlangkah pembelajaran menggunakan metode jigsaw, (3) siswa diminta berkelompok menjadi lima kelompok yang selanjutnya disebut kelompok asal, (4) masing-masing anggota kelompok mendapat tugas menjadi ahli suatu unsur intrinsik tertentu, (5) siswa dengan tugas yang sama berkelompok menjadi kelompok ahli, (6) siswa menemukan materi tentang keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari secara berdiskusi dalam kelompok ahli, (7) siswa kembali pada kelompok asal dan menjelaskan hasil temuan dalam kelompok ahli, (8) guru membagikan cerpen, (9) masing-masing siswa menemukan keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari, (10) Guru memberi masukan tentang kekurangan-kekurangan yang masih ada, (11) Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan. Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai ratarata kelas. Hasil tes siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 68,9 dan hasil tes siklus II menunjukkan nilai sebesar 80,3. Perubahan perilaku siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Comal mengalami peningkatan ke arah yang positif. Pada siklus I siswa cenderung pasif, kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang serius dalam berlatih, dan kurang percaya diri. Pada siklus II, perilaku siswa berubah menjadi aktif, memperhatikan penjelasan guru, serius dalam berlatih, dan menjadi percaya diri. Saran yang dapat direkomendasikan yaitu (1) pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari tidak sama dengan pembelajaran menemukan unsur intrinsik sehingga materi yang diberikan hendaknya berbeda agar siswa mampu menerapkan nilai-nilai baik dalam cerpen pada kehidupan sehari-hari mereka, (2) metode jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari, karena hal ini terbukti meningkatkan kompetensi siswa dan mengubah perilaku siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Comal ke arah yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterkaitan, unsur intrinsik cerpen, kehidupan sehari-hari, metode jigsaw
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2014 10:30
Last Modified: 15 Jan 2014 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item View Item