PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 SEMARANG


Muhammad Arif Ikhwanuddin, 1401409135 (2013) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang, ditemukan permasalahan bahasa Indonesia tentang menulis narasi. Proses pembelajaran belum menggunakan media, metode, model, atau strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan nilai menulis narasi, hanya 12 dari 37 siswa yang memenuhi KKM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan menerapkan metode Mind Mapping. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis narasi di SDN Wonosari 02 Semarang? Apakah metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang? Apakah metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dari segi penggunaan tanda baca, kesesuaian cerita dengan tema, dan ejaan siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan metode Mind Mapping di SDN Wonosari 02 Semarang, meningkatkan keaktifan siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis karangan narasi dengan menggunakan metode Mind Mapping, meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dari segi penggunaan tanda baca, kesesuaian isi dengan tema, dan ejaan siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang dengan menggunakan metode Mind Mapping. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan metode Mind Mapping. Subjek penelitian ini adalah guru dan 37 siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I 79,2% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II menjadi 86,49% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, yaitu 58,3% dengan kategori baik dan pada siklus II 65,5% dengan kategori baik. Keterampilan menulis narasi siswa meningkat, pada siklus I 75,67% dengan kategori baik dan pada siklus II 89,19% dengan KKM > 64. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IVA SDN Wonosari Semarang. Saran peleiti yaitu hendaknya guru menerapkan pendekatan, metode, model, dan strategi pembelajaran yang terbaru/inovatif sesuai dengan materi pembelajaran, salah satunya menggunakan metode Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karangan narasi, metode Mind Mapping, aktivitas siswa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Jan 2014 13:46
Last Modified: 07 Jan 2014 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19812

Actions (login required)

View Item View Item