PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD


Indri Widiyastuti, 140409087 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembel-ajaran menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Mangunsari belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari: (1) guru belum menguasai keterampilan mengajar; (2) aktivitas siswa rendah dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil evaluasi menulis narasi siswa rendah, dengan persentase ketuntasan belajar siswa hanya 20% dengan rata-rata kelas 64,8. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh kategori baik kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh kategori baik kemudian meningkat pada siklus II tetapi masih dengan kategori baik; (3) hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis narasi siklus I memperoleh nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan 65% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,75 dengan persentase ketuntasan siswa 80%. Simpulan penelitian adalah melalui model pembelajaran TTW dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa menulis narasi, dan disarankan agar guru dapat memilih model dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah dengan model pembelajaran TTW dengan media audio visual sehingga keaktifan siswa dalam KBM dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, model pembelajaran TTW, media audio visual
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Dec 2013 10:16
Last Modified: 24 Dec 2013 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item