PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VC SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG

Anisa Huril Ain, 1401409071 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VC SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VC SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG) - Published Version
Download (3093Kb)

    Abstract

    Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan saat pembelajaran IPA di kelas VC SDN Purwoyoso 03 Semarang. Siswa belajar sebatas menerima pengetahuan dari guru, kurang dibentuk kerja kelompok secara optimal, motivasi belajar masih kurang, rendahnya kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran, guru kurang mengembangkan sifat ingin tahu siswa melalui bertanya, kurang mengoptimalkan pembentukan masyarakat belajar, kurang memberikan kesempatan siswa sebagai model pembelajaran, penilaian berdasarkan hasil belajar saja, sedangkan proses kurang diperhatikan. Hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar di mana 21 dari 36 siswa belum mencapai KKM. Untuk memecahkan masalah, peneliti melaksanakan penelitian dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah pada penelitian adalah apakah melalui penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dilaksanakan sebanyak tiga siklus masingmasing satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 32 kategori cukup, siklus II skor 41 kategori baik, siklus III skor 47 kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 29,2 kategori cukup, siklus II skor 37,7 kategori baik, siklus III skor 42,3 kategori sangat baik. Hasil belajar IPA juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 69%, siklus III menjadi 81%. Dapat disimpulkan melalui penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada tiap siklusnya. Disarankan guru sebaiknya menerapkan pendekatan inovatif seperti CTL dalam pembelajaran IPA karena dapat membantu mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan kehidupan seharihari.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, pendekatan CTL
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 19 Dec 2013 08:36
    Last Modified: 19 Dec 2013 08:36

    Actions (login required)

    View Item