PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG


NURUL AZIZAH, 1401409064 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal di kelas IVA SDN Sampangan 02 Kota Semarang ditemukan permasalahan pembelajaran IPS. Kurang maksimalnya keterampilan mengajar guru, media pembelajaran membuat aktivitas dan hasil belajar IPS siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis media flashcard dapat meningkatkan keterampilan mengajar IPS guru kelas IVA SDN Sampangan 02? (2) apakah dengan model pembelajaran quantum teaching berbasis media flashcard dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IVA SDN Sampangan 02? (3) apakah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN Sampangan 02? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran quantum teaching berbasis media flashcard. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 37 siswa kelas IVA SDN Sampangan 02. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data kuantitatif disajikan dalam bentuk persentase, data kualitatif menggunakan anaisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar IPS siswa meningkat. Hasil observasi keterampilan guru siklus I memperoleh skor 39 dengan kategori B (Baik). Pada siklus II terjadi peningkatan skor menjadi 44 dengan kategori A (sangat baik). Pada siklus III terjadi peningkatan skor menjadi 47 dengan kategori A (sangat baik). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa, siklus I jumlah rerata skor 18,9 dengan kategori C (cukup). Pada siklus II jumlah rerata skor 20,6 dengan kategori B (baik). Pada siklus III jumlah rerata skor 23,9 dengan B (baik). Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,75 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,2%. Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 77,86 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 78%. Pada Siklus III terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 80,4 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran quantum teaching berbasis media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN Sampangan 02 Kota Semarang. Sarandari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model quantum teaching berbasis media flashcard dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Quantum Teaching, Flashcard.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2013 13:30
Last Modified: 19 Dec 2013 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19787

Actions (login required)

View Item View Item