PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING SISWA KELAS IV B SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG


EMA ZULMATUS SARCHIYYAH, 1401409037 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING SISWA KELAS IV B SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING SISWA KELAS IV B SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING SISWA KELAS IV B SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV B SDN Tambakaji 04 kota Se-marang, kususnya pada keterampilan menulis narasi masih kurag optimal. Dari hasil observasi, diperoleh data bahwa 21 dari 31 siswa kurang terampil dalam me-nulis narasi. Hal ini dikarenakan guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa menjadi pasif. Hal tersebut di dukung oleh data pen-capaian hasil evaluasi keterampilan menulis narasi siswa kurang maksimal dengan rerata kelas 57,53. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara mening-katkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis narasi siswa kelas IV B SDN Tambakaji 04 kota Semarang melalui model pem-belajaran PST. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis narasi melalui model pem-belajaran PST. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B SD Tambakaji 04 kota Semarang sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sedangkan variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis narasi dengan menggunakan model pembelajaran PST. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan guru meningkat dari siklus I dengan skor 22,5 kategori baik menjadi 30 kategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I dengan skor 20,82 kategori baik menjadi 26,8 kategori sangat baik pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 70,97% menjadi 83,88% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi dengan model pembelajaran PST dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivi-tas siswa dan keterampilan siswa kelas IV B SDN Tambakaji 04 kota Semarang. Disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran PST pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Narasi, Model Pembelajaran PST
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2013 10:27
Last Modified: 19 Dec 2013 10:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item