MODEL PELATIHAN TUTOR PENDIDIKAN KEAKSARAAN DI SKB PATI

Argha Andriyana, 1201409035 (2013) MODEL PELATIHAN TUTOR PENDIDIKAN KEAKSARAAN DI SKB PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MODEL PELATIHAN TUTOR PENDIDIKAN KEAKSARAAN DI SKB PATI) - Published Version
Download (1240Kb)

    Abstract

    Salah satu tenaga pendidik yang patut diperhatikan agar menjadi pendidik yang memiliki kulialifikasi profesional adalah “tutor” jenis tenaga pendidik ini terkadang luput dari perhatian kita terutama bahwa istilah tutor ini hanya banyak dikenal pada lingkungan pendidikan non formal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana model pelatihan tutor pendidikan keaksaraan di SKB Pati, (2) bagaimana keefektifan model pelatihan tutor pendidikan keaksaraan menurut tutor dan (3) apa saja manfaat model pelatihan tutor keaksaraan bagi tutor. Penelitian dilakukan di SKB Pati dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang penyelenggara, 2 orang fasilitator dan 2 orang warga belajar. Fokus penelitian ini adalah model pelatihan tutor keaksaraan di SKB Pati yang telah berlangsung, efektifitas model pelatihan tutor keaksaraan menurut tutor dan manfaat model pelatihan tutor keaksaraan bagi tutor keaksaraan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan model pelatihan tutor pendidikan di SKB Pati menggunakan 4 tahapan pelaksanaan. Tahapan tersebut meliputi (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan Pelatihan, (3) Evaluasi dan (4) tindak lanjut. Pada tahap persiapan ini meliputi identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan pelatihan, menentukan sasaran dan rekruitmen peserta, menyusun kurikulum dan bahan ajar yang akan digunakan dalam pelatihan. Pada tahap pelaksanaan pelatihan yaitu berupa penyampaian materi dengan menggunakan metode-metode tertentu serta latihan membuat bahan ajar dan RPP pendidikan keaksaraan. Pada tahap evaluasi digunakan sebagai pengukur keberhasilan pelatihan tersebut dan menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut dalam tahapan ini digunakan untuk mengaplikasikan hasil pelatihan ini pada program pendidikan keaksaraan guna mengurangi jumlah warga buta aksara di kabupaten Pati. Dalam pelaksanaan pelatihan tutor pendidikan keaksaraan hendaknya penyelenggara pelatihan menambahkan waktu pelaksanaan, agar fasilitator tidak mengalami keterbatasan waktu dan tidak bisa menyampaikan keseluruhan materi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Tutor
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 19 Dec 2013 05:13
    Last Modified: 19 Dec 2013 05:13

    Actions (login required)

    View Item