MODEL PEMBERDAYAAN ISTERI NELAYAN DI PKBM ALMUTTAQIN DESA BUKO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK


Fitri Susanti, 1201409014 (2013) MODEL PEMBERDAYAAN ISTERI NELAYAN DI PKBM ALMUTTAQIN DESA BUKO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBERDAYAAN ISTERI NELAYAN DI PKBM ALMUTTAQIN DESA BUKO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (MODEL PEMBERDAYAAN ISTERI NELAYAN DI PKBM ALMUTTAQIN DESA BUKO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana model pemberdayaan isteri nelayan di PKBM Al-Muttaqin, bagaimana dampak model pemberdayaan isteri nelayan, kendala dan faktor pendukung dalam model pemberdayaan isteri nelayan di PKBM Al-Muttaqin. Tujuan meliputi (1) mengetahui model pemberdayaan isteri nelayan, (2) mengetahui dampak model pemberdayaan isteri nelayan, (3) mengetahui kendala dan faktor pendukung model pemberdayaan isteri nelayan. Penelitian dilakukan di PKBM Al-Muttaqin desa Buko kecamatan Wedung dengan pendekatan kualitatif. Subjek yaitu 4 isteri nelayan dan 1 informan yaitu penyelenggara pemberdayaan. Fokus penelitian ini adalah model pemberdayaan isteri nelayan, dampak pemberdayaan isteri nelayan, kendala dan faktor pendukung model pemberdayaan isteri nelayan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan model pemberdayaan isteri nelayan di PKBM Al-Muttaqin melalui (1) pembentukan perilaku menuju sadar dan peduli dan (2) pemberian keterampilan dan wirausaha yaitu pembuatan kerupuk tengiri, kerupuk udang, dendeng manis, abon ikan, petis udang dan terasi bubuk. Dampak model pemberdayaan isteri nelayan yaitu meliputi dampak sosial dan ekonomi. Kendala yang dihadapi pada pemberdayaan isteri nelayan meliputi permodalan, iklim/cuaca dan motivasi isteri nelayan. Faktor pendukung pada pemberdayaan isteri nelayan di yaitu dari pemerintah desa setempat, warga desa Buko dan wujud kegiatan dilihat dari lokasi. Dalam pemberdayaan isteri nelayan, terdapat pendampingan dari PKBM untuk menjualkan produk yaitu dengan membantu mencarikan pembeli. Di antara keenam produk yang dihasilkan, hasil penjualan tertinggi yaitu kerupuk tengiri dan udang. Selanjutnya, hendaknya PKBM Al-Muttaqin menjalin kerjasama dengan lembaga lain baik swasta maupun pemerintah agar hasil pemberdayaan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Isteri Nelayan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2013 10:09
Last Modified: 19 Dec 2013 10:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19775

Actions (login required)

View Item View Item