PEMBELAJARAN DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN RASA INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA


Lilanamami Arya Yuritantri , 4201409111 (2013) PEMBELAJARAN DENGAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN RASA INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201409111.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guided inquiry adalah metode pembelajaran dimana siswa diberi permasalahan kemudian siswa menemukan jawaban dari permasalahan itu dengan petunjuk yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan metode guided inquiry dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan one group pretest-posttest design. Perkembangan rasa ingin tahu dan keterampilan komunikasi diukur dengan menggunakan skala sikap yang setiap item mengandung indikator yang dapat mengukur rasa ingin tahu dan keterampilan komunikasi siswa. Skala sikap ini diberikan kepada siswa sebagai pretest untuk mengetahui sikap awal siswa sebelum diberikan pembelajaran dengan metode guided inquiry dan posttest diberikan kepada siswa untuk mengetahui sikap siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode guided inquiry. Selain digunakan skala sikap, juga digunakan lembar observasi untuk mengukur keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode guided inquiry dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata skala sikap siswa sebelum dilaksanakannya pembelajaran dengan metode guided inquiry sebesar 68,43, sedangkan nilai rata-rata setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan metode guided inquiry sebesar 78,39. Berdasarkan uji gain diperoleh perkembangan sebesar 0,32 yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga penelitian pembelajaran dengan metode guided inquiry ini dikatakan berhasil dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan keterampilan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Guided Inquiry, Rasa Ingin Tahu, Keterampilan Komunikasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:27
Last Modified: 05 May 2014 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19771

Actions (login required)

View Item View Item