EFEKTIFITAS PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) MELALUI RUNNING DICTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI LISAN SISWA SEKOLAH BILINGUAL


Wati , 4201409110 (2013) EFEKTIFITAS PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) MELALUI RUNNING DICTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI LISAN SISWA SEKOLAH BILINGUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201409110.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam rangka menghadapi era globalisasi adalah menyelenggarakan sekolah bilingual. Dalam penyelenggaraanya, ada beberapa kendala yang dihadapi, di antaranya adalah kurangnya kompetensi siswa dalam memahami materi yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Kurangnya kompetensi siswa tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keterampilan berkomunikasi lisan siswa dalam bahasa Inggris. Salah satu upaya untuk membantu meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami materi yang diajarkan dalam bahasa Inggris adalah dengan menerapkan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) melalui running dictation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan CLIL melalui running dictation untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berkomunikasi lisan siswa sekolah bilingual dibandingkan dengan metode ceramah biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Semarang dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Sample diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, dan observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif, sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan berkomunikasi lisan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,39 (sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,29 (rendah) untuk kelas kontrol. Nilai gain keterampilan berkomunikasi lisan kelas eksperimen juga lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,43 (sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,23 (rendah) untuk kelas kontrol. Hasil t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif dan skor keterampilan berkomunikasi lisan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan CLIL melalui running dictation lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berkomunikasi lisan siswa sekolah bilingual daripada metode ceramah biasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CLIL, Running Dictation, Hasil Belajar, Keterampilan Berkomunikasi Lisan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:27
Last Modified: 05 May 2014 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19770

Actions (login required)

View Item View Item