Pembelajaran Sejarah Lokal dan Persepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blora Terhadap Sunan Pojok Sebagai Penyebar Agama Islam Di Kabupaten Blora.


Fatah Wahyu Putra, 3101406013 (2013) Pembelajaran Sejarah Lokal dan Persepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blora Terhadap Sunan Pojok Sebagai Penyebar Agama Islam Di Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Sejarah Lokal dan Persepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blora Terhadap Sunan Pojok Sebagai Penyebar Agama Islam Di Kabupaten Blora.]
Preview
PDF (Pembelajaran Sejarah Lokal dan Persepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blora Terhadap Sunan Pojok Sebagai Penyebar Agama Islam Di Kabupaten Blora.)
Download (13MB) | Preview

Abstract

Di kelas XISMA Negeri 1 Blora metode atau model pengajarannya masih bersifat konvensional. Pengembangan materi didasarkan pada materi di dalam buku paket, pembelajaran sejarah yang diterapkan oleh guru masih banyak menggunakan model ceramah. Salah satu upaya yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut dengan pemahaman tentang aspek sejarah lokal, yaitu dengan mempersepsikan Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pembelajaran sejarah lokal terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di kelas XI SMA Negeri 1 Kabupaten Blora; (2) Bagaimanakah persepsi siswa SMA Negeri 1 Blora terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di Kabupaten Blora; (3) Bagaimanakah pembelajaran sejarah lokal dan persepsi siswa SMA Negeri 1 Blora terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di Kabupaten Blora Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pembelajaran sejarah lokal terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di kelas XI SMA Negeri 1 Kabupaten Blora; (2) Untuk memperoleh persepsi siswa SMA Negeri 1 Blora terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di Kabupaten Blora; (3) Untuk mengetahui pembelajaran sejarah lokal dan persepsi siswa SMA Negeri 1 Blora terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud memahami tentang apa yang dialami kelompok subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian ini menggunakan model interactive analysis. Analisis ini terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosespembelajaran sejarah lokal sudah diterapkan di SMA Negeri 1 Blora. Persepsi siswa terhadap Sunan Pojok sebagai penyebar agama Islam di Kabupaten Blora dapat dikatakan positif, karena Sunan Pojok merupakan seorang sunan atau penyebar agama Islam di Blora dan seorang wali lokal di daerah Blora yang terkenal. Dari hasil penelitian diatas disarankan, agar pembelajaran sejarah di sekolah mempertimbangkan aspek lokal atau kewilayahan, guru hendaknya memiliki kreativitas dalam mengajar dan perlu adanya inovasi-inovasi dalam pembelajaran sejarah, misalnya pembelajaran dengan menggunakan pengayaan sejarah lokal agar siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah Lokal dan Persepsi, Sunan Pojok, Penyebar Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:27
Last Modified: 05 May 2014 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item