PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 GEYER MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PROYEK


Yunita Dwi Febriastuti , 4201409107 (2013) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 GEYER MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PROYEK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201409107.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa SMPN 2 Geyer Grobogan pada pokok bahasan tekanan melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL). Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari empat kelas yaitu dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII A dan VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B dan VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi model Project Based Learning sedangkan kelas kontrol diberi metode diskusi dengan demonstrasi. Data kemandirian belajar siswa diperoleh menggunakan angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan skor rata-rata kemandirian belajar siswa berdasarkan angket untuk kelas eksperimen sebesar 81,24 dan kelas kontrol 71,78. Perbandingan skor rata-rata kemandirian belajar siswa berdasarkan observasi untuk kelas eksperimen sebesar 79,60 dan kelas kontrol 72,99. Berdasarkan gain, menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0.44% (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 0.19% (rendah). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penerapan pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Disarankan model Project Based Learning diharapkan dapat diterapkan pada pokok bahasan tekanan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:27
Last Modified: 05 May 2014 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item