PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN CURIOSITY SISWA PADA PELAJARAN FISIKA


Fera Ismawati , 4201409105 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN CURIOSITY SISWA PADA PELAJARAN FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201409105.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Observasi langsung terhadap proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Kudus, menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan jarang melakukan eksperimen. Kegiatan ceramah membuat siswa kurang aktif dan kurang tertarik pada pembelajaran, karena siswa hanya menerima transfer ilmu dan informasi. Siswa akan lebih mengingat pemahaman konsep yang diperoleh dari hasil mengkonstruksi pemahamannya sendiri dibandingkan secara informatif. Curiosity (rasa ingin tahu yang mendalam) siswa harus ditingkatkan saat kegiatan pembelajaran, agar siswa tertarik pada pelajaran, aktif, komunikatif, dan lebih mudah memahami konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan curiosity siswa, dan keefektifan model pembelajaran CUPs dibandingkan model pembelajaran eksperimen verifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan curiosity siswa pada pelajaran fisika. Sampel penelitian adalah kelas 7B sebagai kelas eksperimen, dan kelas 7D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat model pembelajaran CUPs, dan kelas kontrol mendapat model pembelajaran eksperimen verifikasi. Pengambilan data untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan curiosity menggunakan metode tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji gain dan uji-t pihak kiri. Hasil uji gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,67 dan kelas kontrol sebesar 0,58. Hasil uji gain curiosity pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,21 dan kelas kontrol sebesar 0,20. Hasil pengujian hipotesis peningkatan pemahaman konsep dan curiosity siswa menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CUPs, pemahaman konsep, curiosity.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:32
Last Modified: 05 May 2014 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item View Item