PENERAPAN MODEL MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X.10 MAN 01 KOTA MAGELANG

AHMAD SONY SYAMSUDIN, 2701409037 (2013) PENERAPAN MODEL MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X.10 MAN 01 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X.10 MAN 01 KOTA MAGELANG)
Download (2063Kb)

    Abstract

    Keterampilan berbicara merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena model yang diterapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab tidak menarik dan membosankan sehingga siswa enggan berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif model yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran seluas-luasnya khusunya pada keterampilan berbicara. Salah satunya dengan penerapan model (muhadatsah yaumiyyah). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu nilai rata- rata kelas dari 34 siswa pada siklus I adalah 79,61 dan pada siklus II adalah 85,95. Dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar subjek penelitian dari tiap pertemuan. Dalam prosentase peningkatan tersebut adalah 5,15% dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan terjadi peningkatan sebesar 4,36% dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya peningkatan 1,83% dari pertemuan III ke pertemuan IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan penerapan model muhadatsah yaumiyyah pada siswa kelas X.10 MAN 01 Kota Magelang sebesar 7,96%. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas X.10 MAN 01 Kota Magelang tahun ajaran 2013/2014.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, model muhadatsah yaumiyyah.
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
    B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 05 May 2014 12:32
    Last Modified: 05 May 2014 12:32

    Actions (login required)

    View Item