PENERAPAN BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) PADA MATA KULIAH EKSPERIMEN FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN FISIKA SEMESTER V UNNES
Kiswanto , 4201409079 (2013) PENERAPAN BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) PADA MATA KULIAH EKSPERIMEN FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN FISIKA SEMESTER V UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) PADA MATA KULIAH EKSPERIMEN FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN FISIKA SEMESTER V UNNES)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Nilai karakter mulia seperti tanggung jawab, disiplin, dan rasa ingin tahu dalam belajar, mulai berkurang pada diri mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Unnes yang mengikuti mata kuliah Eksperimen Fisika. Berdasarkan data dari dosen pengampu, 6 dari 14 kelompok praktikum (40%) datang terlambat pada saat praktikum, 30% mahasiswa terlambat dan tidak jujur dalam mengerjakan tugas, 65% laporan dikumpulkan tidak sesuai deadline, serta 25% mahasiswa melakukan kegiatan diluar aktivitas praktikum. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang dapat mengembangkan nilai karakter, salah satunya adalah penerapan metode Better Teaching and Learning (BTL). Pengembangan karakter dilakukan dengan pengintegrasian nilai karakter pada pembelajaran Eksperimen Fisika. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan karakter disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab mahasiswa melalui penerapan Better Teaching and Learning (BTL) pada pembelajaran Eksperimen Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, terdiri dari dua pertemuan tiap siklus. Tahapan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subyek mahasiswa Eksperimen Fisika rombel 1 Jurusan Fisika FMIPA Unnes Tahun Akademik 2012/2013. Data perkembangan karakter diperoleh dari observasi. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir siklus. Hasil belajar psikomotorik diperoleh dari pengamatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Data hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan karakter mahasiswa perkembangannya direpresentasikan menggunakan display data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Better Teaching and Learning pada pembelajaran Eksperimen Fisika dapat mengembangkan karakter disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab mahasiswa. Peningkatan rata-rata dari siklus I ke II sebesar 10% dan dari siklus II ke III sebesar 6 %. Selain itu, hasil belajar kognitif dan psikomotorik mahasiswa juga mengalami peningkatan. Penelitian untuk pengembangan karakter hendaknya dilakukan dalam jangka waktu lebih lama dan pembiasaan yang kontinyu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Better Teaching and Learning, Eksperimen Fisika, Karakter. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2014 16:40 |
Last Modified: | 05 May 2014 16:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19753 |
Actions (login required)
View Item |