KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR DENGAN MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA


Joko Susanto , 4201409075 (2013) KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR DENGAN MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR DENGAN MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR DENGAN MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Ketidakjelasan dan kerumitan materi yang disampaikan guru kepada siswa merupakan salah satu penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa. Media simulasi dimaksudkan untuk menarik perhatian siswa dan memudahkan pemahaman konsep pemantulan cahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-C SMP N 1 Tambakromo, sebagai sampel siswa kelas VIII A dan VIII B. sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpul data melalui metode dokumentasi, observasi, dan tes. Sebelum penelitian, dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui kevalidan, reliabel, tingkat kesukaran, dan daya pembeda instrumen. Analisis data menggunakan rumus uji gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan bahan ajar dengan media simulasi mengalami peningkatan. Hasil rata-rata nilai pretest adalah 49,84 dan rata-rata nilai posttest adalah 80,94, mengalami peningkatan sebesar 0,62. Besar faktor g untuk aspek afektif pada kelas eksperimen untuk kehadiran 0,80, memperhatikan 0,52, tanggung jawab 0,13, mengemukakan pendapat 0,45, dan kerjasama kelompok 0,48. Hasil uji-t satu pihak kiri dengan satu sampel diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Simulasi, Konsep Pemantulan Cahaya, Keterlibatan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:40
Last Modified: 05 May 2014 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item