PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG


Zhul Fahmy Hasani, 2701409016 (2013) PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemahiran menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. Mengingat pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, maka pembelajaran menulis bahasa Arab menjadi sangat penting. Karena menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena kebanyakan dari siswa berasal dari SD yang belum mengecap Bahasa Arab dan belum pernah mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran melalui tulisan. Salah satunya adalah penerapan metode Imla’. guru berperan sebagai fasilitator serta motivator. Pembelajaran didesain menarik melalui variasi teknik pembelajaran. Sehingga siswa mudah dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar dan peningkatan minat belajar keterampilan menulis bahasa Arab dengan menerapkan metode imla’ untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII C di MTs Muhammadiyah 02 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu skor rata- rata kelas dari 44 siswa pada siklus I adalah 61,88 dan pada siklus II adalah 68,46. Dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar subjek penelitian dari tiap pertemuan. Dalam prosentase peningkatan tersebut adalah 7,81 % dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan terjadi peningkatan sebesar 2,80 % dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya peningkatan 7,44 % dari pertemuan III ke pertemuan IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab dengan menerapkan metode imla’ pada siswa kelas VII C MTs Muhammadiyah 02 Pemalang adalah sebesar 10,63 %. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya peningkatan perilaku positif atau peningkatan minat dan respon belajar siswa kelas VII C.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Imla’, Keterampilan Menulis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:40
Last Modified: 05 May 2014 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19751

Actions (login required)

View Item View Item