Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013


Miftakhul Hidayah, 2701409014 (2013) Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013]
Preview
PDF (Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013”. Perbedaan kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada kemahiran membaca bacaan berbahasa Arab, sehingga pelaksanaan pembelajaran yang diterima kurang optimal. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada keterampilan membaca di kelas VII H MTs Negeri Kendal? (2) bagaimana pengoptimalan keterampilan membaca di kelas VII H MTs Negeri Kendal dengan model pembelajaran tutor sebaya? (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik pada keterampilan membaca dengan model pembelajaran tutor sebaya?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran bahasa Arab pada kelas VII H. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2012/2013. Melalui penelitian ini diperoleh hasil nilai rata-rata pada pertemuan pertama siklus I adalah 56,3 dan pertemuan kedua adalah 65,5, maka diperoleh rata-rata siklus I adalah 60,9. Sedangkan nilai rata-rata pada pertemuan pertama siklus II adalah 77,5 dan pertemuan kedua adalah 84,1, maka diperoleh nilai rata-rata siklus II adalah 80,8. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 32,67%. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku pada peserta didik kelas VII H MTs Negeri Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca bahasa Arab, Tutor sebaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:40
Last Modified: 05 May 2014 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item