PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN TEORI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Paramitha Retno Probowening , 4201409063 (2013) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN TEORI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN TEORI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP)
- Published Version
Download (29MB) | Preview |
Abstract
Siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis yang lemah biasanya mengalami kesulitan dalam memahami fisika. Motivasi yang kuat dan pengajaran yang bagus bisa membantu untuk meningkatkan pemungsian ranah-ranah kecerdasan yang lemah walaupun tidak akan sekuat ranah-ranah yang sejak awal berlevel tinggi. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran fisika yang disesuaikan dengan kecerdasan yang dimiliki siswa perlu dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran fisika berdasarkan teori kecerdasan majemuk serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa. Strategi pembelajaran berdasarkan teori kecerdasan majemuk adalah perencanaan tentang rangkaian kegiatan pembelajaran yang didesain dan disesuaikan dengan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Kecerdasan yang digunakan yaitu linguistik, logismatematis, visual, musikal, kinestik, interpersonal, dan intrapersonal. Komponen strategi pembelajaran kegiatan prapengajaran terbagi menjadi empat, yaitu zona alfa, warm up, pre-teach, dan scene setting. Komponen penyampaian informasi dan partisipasi siswa disajikan secara terpadu, yaitu The Power of Two, We’re The Light, Choose The Area, dan We Can Find It Ourself. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Uji keefektifan menggunakan Pre Experimental Design dengan jenis Pre-test and Post-test One Group Design. Berdasarkan uji kelayakan, strategi pembelajaran termasuk dalam kriteria layak untuk diterapkan. Dari uji skala kecil, 86%, 96%, dan 100 % siswa menyukai pembelajaran. Dalam uji skala besar, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,41. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 0,58. Meskipun taraf peningkatannya masih dalam kategori sedang, strategi pembelajaran fisika berdasarkan teori kecerdasan majemuk yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, kecerdasan majemuk, motivasi belajar, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2014 16:40 |
Last Modified: | 05 May 2014 16:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19748 |
Actions (login required)
View Item |