KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS XI SMA


Syifa Ulya , 4201409062 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS XI SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA KELAS XI SMA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan cabang sains yang mempelajari gejala dan fenomena alam secara sistematis. Pembelajaran fisika tidak hanya ditekankan pada pengetahuan fakta-fakta, pemahaman rumus tetapi perlu dilengkapi dengan pemahaman konsep yang mendasar. Berdasarkan analisis nilai dan wawancara tentang mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Grabag, kemampuan siswa memahami konsep masih rendah. Pembelajaran ditekankan pada penghafalan rumus, akibatnya siswa tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Selain itu, pembelajaran yang diterapkan bersifat searah dimana siswa hanya memperoleh transfer ilmu dari guru dengan model pembelajaran ekspositori. Perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran guided inquiry berbasis think pair share (TPS) dalam meningkatkan konsep fisika kelas XI SMA. Berdasarkan tujuan tersebut sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Grabag. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode true experiment digunakan untuk menguji keefektifan model pembelajaran dengan desain pretest posttest control group design. Instrumen penelitiannya adalah soal tes tertulis dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran guided inquiry berbasis think pair share telah mencapai ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji perbedaan rata-rata dimana diperoleh yang menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang diketahui dari uji gain dimana kelas eksperimen masuk dalam kategori tinggi ), sedangkan kelas kontrol masuk dalam kategori sedang ( ). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbasis think pair share efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Fisika kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, guided inquiry, think pair share, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:51
Last Modified: 05 May 2014 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19747

Actions (login required)

View Item View Item