PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI UNGARAN TAHUN 2012/2013


KHAERUR RIZQI, 2701409006 (2013) PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI UNGARAN TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI UNGARAN TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI UNGARAN TAHUN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Kartu Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Mufrodat Bahasa Arab pada Siswa Tunarungu di SDLB Negeri Ungaran Tahun 2012/2013”. Siswa belajar bahasa Arab pada mata pelajaran agama, dan guru pengampu berasal dari latar pendidikan agama bukan pendidikan bahasa Arab, sehingga pembelajaran yang diterima kurang maksimal. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana cara siswa tunarungu di SDLB Negeri Ungaran dalam mempelajari pelafalan mufrodat bahasa Arab melalui media kartu gambar? (2) bagaimana peningkatan kemampuan pelafalan mufrodat bahasa Arab siswa tunarungu di SDLB Negeri Ungaran melalui media kartu gambar? (3) bagaimana perubahan perilaku siswa tunarungu di SDLB Negeri Ungaran dalam mempelajari pelafalan mufrodat bahasa Arab melalui media kartu gambar?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran agama yang mengajarkan bahasa Arab pada kelas IV, V, dan VI. Data dalam penelitian ini adalah berupa pelafalan mufrodat bahasa Arab oleh siswa tunarungu melalui media kartu gambar. Sumber data siswa tunarungu kelas IV, V, dan VI di SDLB Negeri Ungaran tahun ajaran 2012/2013. Melalui penelitian ini diperoleh hasil nilai rata-rata pada pertemuan pertama siklus I adalah 57,78 dan pertemuan kedua adalah 63,33, maka diperoleh rata-rata siklus I adalah 60,55. Sedangkan nilai rata-rata pada pertemuan pertama siklus II adalah 71,11 dan pertemuan kedua adalah 81,11, maka diperoleh nilai rata-rata siklus II adalah 76,11. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25,69%. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku pada siswa tunarungu kelas IV, V, dan VI di SDLB Negeri Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu gambar, Mufrodat, Anak tunarungu.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:41
Last Modified: 05 May 2014 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item View Item