ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN KEBUMEN

Ana Iska Rizqi Yanti , 4201409051 (2013) ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (1728Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam usaha pengembangan suatu bangsa.Buku merupakan salah satu komponen sarana pembelajaran yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan. Beberapa teori mendukung bahwa buku merupakan salah satu sarana yang bermakna dalam proses pembelajaran dan dapat mempengaruhi kualitas pendidikan. Observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri se- Kabupaten Kebumen menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali buku pelajaran fisika yang digunakan dari berbagai penerbit dan pengarang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana dalam buku pelajaran fisika, tingkat keterpusatan peserta didik, tingkat pengembangan keterampilan proses, dan jenjang kognitif soal latihan pada buku ajar fisika. Penelitian dilakukan dengan metode analisis buku ajar meliputi tahapan 1) observasi awal mengenai penggunaan buku ajar fisika di SMA Negeri se- Kabupaten Kebumen dan wawancara dengan guru fisika. 2) merancang instrumen analisis buku ajar. 3) menentukan sampel buku ajar yang akan dianalisis. 4) melakukan analisis terhadap buku ajar yang telah ditentukan sebagai sampel. Sampel terdiri dari 3 buka dengan kode A, B, dan C. Buku A dan B merupakan buku yang paling banyak digunakan di SMA Negeri se- Kabupaten Kebumen, sedangkan buku C merupakan buku yang hanya digunakan di sekolah terfavorit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap buku sampel memiliki hasil yang berbeda-beda untuk setiap aspek yang dianalisis. Pada aspek keterbacaan buku C memiliki persentase tertinggi untuk kategori bacaan yang sesuai yaitu 62,5%, kemudian buku B 50%, dan terendah buku A 12,5%. Untuk aspek keterpusatan peserta didik buku yang paling baik adalah buku B dengan persentase 63,56%, kemudian buku A 60,44 dan terakhir buku C 27,98%. Untuk aspek pengembangan keterampilan proses buku B merupakanbuku yang terbaik dengan persentase 57,21%, kemudian buku A 36,98%, dan terakhir buku C 24,67%. Pada aspek persentase jenjang kognitif soal latihan, pada ketiga buku tidak terdapat jenjang soal latihan C5 dan C6.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: analisis buku, buku pelajaran fisika.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 05 May 2014 12:52
    Last Modified: 05 May 2014 12:52

    Actions (login required)

    View Item