ARABIC STORYBOOK SERIES: MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IV MI MIFTAHUL HIDAYAH VISUALISASI TIGA DIMENSI


M. Mursyid, 2701409003 (2013) ARABIC STORYBOOK SERIES: MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IV MI MIFTAHUL HIDAYAH VISUALISASI TIGA DIMENSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ARABIC STORYBOOK SERIES: MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IV MI MIFTAHUL HIDAYAH VISUALISASI TIGA DIMENSI]
Preview
PDF (ARABIC STORYBOOK SERIES: MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IV MI MIFTAHUL HIDAYAH VISUALISASI TIGA DIMENSI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa adalah membaca. Pada umumnya membaca bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataanya sering kali jarang di praktekkan oleh siswa, utamanya para siswa SD/MI. Hal ini terjadi karena faktor internal dari siswa tersebut maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan adanya fenomena tersebut penulis memberikan solusi konkret yang diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan dan minat membaca bahasa Arab, yaitu dengan penggunaan Arabic Storybook Series. Sebuah inovasi baru yang dikemas secara menarik, dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar membaca bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana gambaran profilArabic Storybook series yang sesuai dengan siswa, guru, dan kurikulum? 2) bagaimana analisis penilaian guru dan ahli terhadapArabic Storybook Series? 3)bagaimana uji coba media pembelajaran Arabic StorybookSeries terhadap siswa?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui gambaran profilArabic Storybook series yang sesuai dengan siswa, guru, dan kurikulum, 2) mengetahui analisis penilaian guru dan ahli terhadap Arabic Storybook Series, 3) uji coba media pembelajaran Arabic StorybookSeries terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Data Penelitian ini melalui tes dan non tes.Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrument kebutuhan guru maupun siswa yang dilakukan sebelum prototipe Arabic Storybook Series disusun dan instrument uji ahli setelah Arabic Storybook Series selesai disusun untuk kemudian dinilai. Alat data nontes yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan, t hitung -15,82 jatuh pada daerah menerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Sedangkan t Tabel 1,316 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arabic storybook series, Keterampilan membaca, dan Visualisasi tiga dimensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:51
Last Modified: 05 May 2014 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item