PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS


Fani Anggi Rarici , 4201409048 (2013) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains pada dasarnya harus melibatkan kegiatan aktif siswa yang bertujuan membangun kemampuan/keterampilan dasar bekerja ilmiah. Pada kenyataannya tujuan pembelajaran sains ini jarang sekali diperhatikan oleh guru karena faktor ketidaktahuan. Kemampuan generik sains merupakan kemampuan yang dapat digunakan untuk mempelajari berbagai konsep dan menyelesaikan masalah dalam sains. Tujuan pengembangan kemampuan generik sains yaitu agar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari hasil belajar dapat diaplikasikan pada bidang kehidupan sosial, teknologi atau pada setiap perubahan konteks. Selama proses pembelajaran siswa dituntut untuk aktif agar kemampuan generik sains dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan generik sains yang meliputi komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama dan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan bantuan media animasi interaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental desain dengan jenis desain Pre-test and Post-test Control Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Jepara. Sampel dipilih secara random sampling, diperoleh siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, test, dan lembar observasi. Kemampuan komunikasi tertulis dan pemecahan masalah siswa berdasarkan hasil pre-test dan post-test mengalami peningkatan. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 5,19 dan ttabel sebesar 2,00. Hasil uji t-test menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Perhitungan uji gain dari hasil pre-test dan post-test diperoleh peningkatan <g> kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,24. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga kemampuan komunikasi lisan dan kerjasama dapat meningkat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model inkuiri tertbimbing dengan bantuan media aniamsi interaktif dapat meningkatkan kemampuan generik sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, media animasi interaktif, kemampuan generik sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:56
Last Modified: 05 May 2014 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item