ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI YANG DIGUNAKAN DI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2012/2013


Ihdina Ihda Millati , 4201409046 (2013) ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI YANG DIGUNAKAN DI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI YANG DIGUNAKAN DI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI YANG DIGUNAKAN DI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (971kB) | Preview

Abstract

Buku pelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan dapat berjalan lebih lancar dengan bantuan buku. Seorang guru dapat mengelola dan mengorganisasikan kelas secara lebih efektif melalui sarana buku. Peserta didik juga dapat mengikuti pembelajaran secara maksimal dengan buku sebagai sumber belajarnya. Hasil observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika menyatakan bahwa buku pelajaran fisika kelas XI yang digunakan di SMA-MA di Kota Salatiga sangat bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kualitas buku pelajaran yang meliputi komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikaan pada buku pelajaran bagi siswa SMA kelas XI yang digunakan di Kota Salatiga. Subyek penelitian ini adalah buku pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan dari mengumpulkan data buku pelajaran, menyusun instrumen penilaian, kemudian melaksanakan penilaian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa skor penilaian yang dianalisis secara deskriptif persentase. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku pelajaran yang paling banyak digunakan di SMA di Kota Salatiga. Buku tersebut yaitu buku dengan penerbit Erlangga karangan Marthen Kanginan, selanjutnya diberi kode Buku A dan buku dari penerbit Phibeta karangan Supiyanto, selanjutnya diberi kode Buku B. Hasil analisis memperoleh skor komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan untuk buku A adalah 3,84; 4; 3,06; 3,67 dan buku B sebesar 2,51; 3,03; 3,59; 3,83 dari skor maksimal 4. Hasil penelitian menyatakan bahwa ratarata persentase akhir penilaian buku A dan B ini adalah 91,14% dan 81,03%. Menurut analisis kualitas buku pelajaran, buku A tergolong dalam kriteria “sangat sesuai” dan buku B tergolong dalam kriteria “sesuai”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, kualitas, buku pelajaran fisika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:56
Last Modified: 05 May 2014 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19740

Actions (login required)

View Item View Item