EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA SISWA SMA


Diyah Ismalaranti , 4201409040 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA SISWA SMA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA SISWA SMA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang mempelajari tentang fenomena yang terjadi di alam. Fisika termasuk mata pelajaran yang masih dirasakan sulit oleh sebagian siswa. Kemampuan sumber daya manusia dalam bidang Fisika merupakan salah satu faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Pembelajaran fisika di kelas kebanyakan hanya menggunakan metode konvensional, seperti ceramah dan penugasan. Pembelajaran dengan metode konvensional seperti itu membuat siswa menjadi cepat bosan. Penelitian ini menggunakan media animasi dan LKS mandiri dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih fokus dan tidak cepat bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti efektivitas pembelajaran fisika dengan media animasi dan LKS mandiri pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang meliputi tahap pretest, pembelajaran, dan tahap posttest. Penelitian dilakukan di SMA N 2 Ungaran tahun ajaran 2012/2013. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diajar menggunakan media animasi dan LKS mandiri, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran tanpa media animasi dan LKS mandiri. Pengambilan data diperoleh dari aspek kognitif yaitu nilai hasil pretest dan posttest. Pengolahan data dengan menggunakan analisis uji gain dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,58 > 0,29). Hasil presentase ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 94% dan dikatakan tuntas secara klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan media animasi dan LKS mandiri efektif digunakan pada siswa SMA kelas XI IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fisika SMA, pembelajaran di kelas, media animasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:52
Last Modified: 05 May 2014 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19739

Actions (login required)

View Item View Item