PENERAPAN MODEL BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) BERKETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA


Fikri Hansah, 4201409039 (2013) PENERAPAN MODEL BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) BERKETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) BERKETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL BETTER TEACHING AND LEARNING (BTL) BERKETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan wahana bagi peserta didik yang menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses serta sikap ilmiah. Pendekatan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung dan mengembangkan keterampilan proses siswa adalah pendekatan keterampilan proses. Melalui pendekatan keterampilan proses, siswa menjadi aktif karena mengalami sendiri berbagai aktivitas kegiatan sehingga pembelajaran menjadi aktif, menyenangkan dan lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran yang mewujudkan pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan lebih bermakna adalah Better Teaching and Learning (BTL). Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan aktivitas belajar siswa meningkat sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model BTL berketerampilan proses. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian ini yaitu Pre-Experiment dengan jenis yang dipilih One-Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi, tes dan observasi. Penilaian hasil belajar psikomotorik dan afektif serta aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dilakukan melalui pengamatan langsung menggunakan lembar observasi. Hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan hasil pretest dan posttest. Hasil analisis uji gain menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat pada kategori tinggi yaitu 0,82. Peningkatan hasil belajar psikomotorik dan afektif berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 0,81 dan 0,95. Hasil belajar kognitif siswa meningkat pada kategori sedang yaitu sebesar 0,47. Berdasarkan hasil seperti disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model BTL berketerampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BTL, keterampilan proses, aktivitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:56
Last Modified: 05 May 2014 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19737

Actions (login required)

View Item View Item