PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAHAYA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES


Ernita Herli Rusdiana , 4201409019 (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAHAYA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAHAYA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAHAYA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan ajar modul sejauh ini hanya berisi materi dan latihan soal saja. Penggunaan bahan ajar modul seharusnya mampu mendorong siswa untuk berpikir. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan modul yang sesuai dengan hakikat Sains yaitu keterampilan proses, mengetahui bagaimana kelayakannya serta respon siswa terhadap modul tersebut. Penyajian materi modul pembelajaran cahaya disisipi aspek keterampilan proses. Aspek keterampilan proses diperoleh melalui kegiatan yang dapat merangsang keterampilan proses, bahasa, gambar, soal dan lain sebagainya. Aspek keterampilan proses yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah keterampilan mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, menginterpretasi data, menyimpulkan, membuat hipotesis, mengendalikan variabel, melakukan penelitian, mengaplikasi dan mengkomunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dibagi menjadi empat tahap yaitu, penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf modul dan uji coba lapangan awal. Modul diuji kelayakan dan keterbacaan dengan menggunakan angket kelayakan dan tes rumpang. Respon siswa diperoleh dari angket respon siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul pembelajaran cahaya untuk komponen isi, penyajian, bahasa dan grafis termasuk kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap modul dan kesesuaian modul dengan aspek keterampilan proses termasuk kriteria sangat baik. Uji keterbacaan diperoleh persentase sebesar 86,40%, artinya berdasarkan kriteria Bormuth, modul pembelajaran cahaya mudah dipahami oleh siswa. Pengembangan modul pembelajaran cahaya dapat dikembangkan untuk satu bab cahaya sehingga semua indikator pada kompetensi dasar materi cahaya tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul, cahaya, pendekatan keterampilan proses
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:04
Last Modified: 05 May 2014 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19727

Actions (login required)

View Item View Item