MODEL LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP RSBI


Luthfia Khoirunnisa , 4201409018 (2013) MODEL LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP RSBI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP RSBI]
Preview
PDF (MODEL LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP RSBI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains di sekolah RSBI belum banyak melibatkan siswa dalam kegiatan praktikum, padahal sarana dan prasarana yang lengkap. Arus informasi yang berkembang di sekolah RSBI sangat cepat, sehingga perlu adanya pengintegrasian karakter. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media LKS berbasis inkuiri untuk mengembangkan karakter siswa kelas VIII SMP RSBI. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model, menguji tingkat kelayakan, keterbacaan, mengetahui perubahan tingkat penguasaan siswa terhadap materi getaran dan gelombang, serta mengindikasikan perubahan karakter disiplin dan rasa ingin tahu siswa setelah diterapkan model LKS berbasis inkuiri untuk mengembangkan karakter siswa kelas VIII SMP RSBI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development menggunakan desain Pre Experimental Design dengan jenis Pre-test and Post-test One Group Design. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan uji coba kelas. Subjek penelitian adalah VIII I SMP N 05 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Data karakter diperoleh dari observasi. Data penguasaan materi diperoleh dari pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji coba tes pilihan ganda, kelayakan, keterbacaan, pengingkatan hasil belajar dan perkembangan karakter. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model LKS berbasis inkuiri untuk mengembangkan karakter siswa kelas VIII SMP RSBI LKS terdiri dari 31 halaman yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian akhir. Kelayakan LKS dengan kriteria sangat layak, dan keterbacaan dengan kriteria mudah dipahami. Signifikansi gain penguasaan materi siswa berada pada kategori sedang. Karakter disiplin dan rasa ingin tahu berada pada katagori membudaya. Ditinjau dari setiap aspek karakter kategori mulai terihat pada indikator mengajukan pertanyaan untuk memperjelas dan menggali ilmu tentang pembelajaran, mulai berkembang pada indikator menggunakan peralatan sesuai dengan petunjuk, mengumpulkan laporan tepat waktu, dan mencari referensi lain terhadap materi yang diajarkan, serta membudaya pada indikator kehadiran. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan model LKS berbasis inkuri dapat mengembangkan karakter siswa kelas VIII SMP RSBI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, inkuiri, pendidikan karakter, RSBI.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:04
Last Modified: 05 May 2014 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item