IMPLEMENTASI WEB ENHANCED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA N 1 REMBANG


Sholihah , 4201409011 (2013) IMPLEMENTASI WEB ENHANCED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA N 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI WEB ENHANCED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA N 1 REMBANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI WEB ENHANCED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA N 1 REMBANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Internet merupakan salah satu dari teknologi komputer yang sangat terkenal saat ini. Tetapi kebanyakan dari siswa memanfaatkannya untuk jejaring sosial dan game online. Padahal internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif. Salah satu pembelajaran yang menggunakan internet ini adalah web enhanced learning dimana proses pembelajaran yang utama adalah tatap muka di kelas dan internet digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar fisika siswa dengan implementasi web enhanced learning dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Rembang dengan implementasi web enhanced learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media power point. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan post-test only control design untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif dan pre-test post-test control group design untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Kelompok eksperimen adalah kelas yang menggunakan implementasi web enhanced learning yaitu kelas XI IPA 2 dan kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan power point sebagai media pembelajarannya yaitu XI IPA 3. Motivasi awal dan akhir diukur dengan menggunakan angket. Rata-rata motivasi belajar awal kelas eksperimen adalah 68% dan rata-rata motivasi belajar akhir kelas eksperimen adalah 78,778%. Hasil uji gain kelas eksperimen adalah 0,337 dengan peningkatan motivasi belajar siswa dalam kategori sedang. Rata-rata motivasi belajar awal kelas kontrol adalah 64,815% dan rata-rata motivasi belajar akhir kelas kontrol adalah 70,444%. Hasil uji gain kelas konrol adalah 0,279 dengan peningkatan motivasi belajar siswa dalam kategori rendah. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa kelas eksperimen adalah 79,704 dan kelas kontrol adalah 76,741. Kemudian dilakukan uji-t dan dari hasil perhitungan didapatkan nilai thitung=1,227 dan ttabel=2,056. Karena thitung < ttabel maka Ho ditolak dan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan implementasi web enhanced learning lebih baik dibandingkan siswa yang menggunkanan media pembelajaran power point. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar ranah kognitif siswa dengan implementasi web enhanced learning lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan power point sebagai media pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Web Enhanced Learning, hasil belajar, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:11
Last Modified: 05 May 2014 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19721

Actions (login required)

View Item View Item