PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA


Mohammad Irham Baedhoni , 4201408085 (2013) PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fisika sebagai mata pelajaran IPA sangat memerlukan keberadaan laboratorium. Namun, peralatan laboratorium belum sepenuhnya digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika masih rendah disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai di lingkungan pembelajaran yang konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi kegiatan laboratorium menggunakan pendekatan generative learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis dan apakah aktivitas dan hasil belajar siswa pada implementasi kegiatan laboratorium menggunakan pendekatan generative learning lebih baik daripada implementasi kegiatan laboratorium verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, tes dan observasi. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji t dan uji gain sedangkan data aktivitas belajar, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik dianalisis dengan deskriptif persentase, uji t dan uji gain. Terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar disebabkan adanya pengaruh implementasi kegiatan laboratorium menggunakan pendekatan generative learning. Hasil analisis statistik dengan uji t terhadap aktivitas dan hasil belajar diperoleh , hal ini menunjukan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis dengan uji gain untuk aktivitas belajar diperoleh peningkatan sebesar 0,30 (sedang), untuk hasil belajar kognitif diperoleh peningkatan sebesar 0,63 (sedang), untuk hasil belajar afektif diperoleh peningkatan sebesar 0,37 (sedang), dan untuk hasil belajar psikomotorik diperoleh peningkatan sebesar 0,16 (rendah). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dari implementasi kegiatan laboratorium menggunakan generative learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah implementasi kegiatan laboratorium menggunakan generative learning dapat digunakan terutama pada materi yang membutuhkan aktivitas kegiatan laboratorium fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kegiatan laboratorium, pendekatan generative learning, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:49
Last Modified: 05 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item View Item