PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART-INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS


Vera Etika Khoiriati , 4201408067 (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART-INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART-INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART-INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul SMART-Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi gerak lurus di SMP Negeri 3 Ungaran (2) seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul SMART-Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi gerak lurus di SMP Negeri 3 Ungaran. Penelitian ini menggunakan pre-test-post-test group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII A yang terdiri 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C yang terdiri 34 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nama siswa serta nilai UAS semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Nilai UAS digunakan untuk analisis tahap awal yaitu analisis normalitas, homogenitas serta uji kesamaan dua varians. Metode tes dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa, baik kelas eksperimen maupun kontrol. Soal tes berupa soal pilihan ganda. Metode observasi digunakan untuk mengambil data aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung yaitu berupa aspek afektif dan psikomotorik siswa. Sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa setelah selesai pembelajaran. Hasil analisis data awal populasi didapat kondisi awal yang sama, dengan demikian sampel yang diambil berasal dari populasi normal, homogen dan memiliki varians yang sama. Setelah dilakukan pretes pada kedua kelas sampel dalam hal ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh keterangan bahwa data tersebut memiliki varians dan rata-rata yang homogen. Berdasarkan hasil postes pada kedua kelompok didapatkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Setelah dilakukan uji t terbukti bahwa terdapat pengaruh sebesar delapan belas koma tiga persen pada penerapan model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul SMART-Interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pembelajaran joyfull learning, modul SMARTInteraktif, gerak lurus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:44
Last Modified: 05 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19712

Actions (login required)

View Item View Item