PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN PETA KONSEP BERBASIS KOMPUTER


Eko Mei Sugiharto , 4201408038 (2013) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN PETA KONSEP BERBASIS KOMPUTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN PETA KONSEP BERBASIS KOMPUTER]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN PETA KONSEP BERBASIS KOMPUTER) - Published Version
Download (90MB) | Preview

Abstract

Peta konsep pada awalnya hanya digunakan sebagai sarana penyampaian materi atau pendukung kegiatan pembelajaran. Peta konsep kemudian berkembang menjadi alat evaluasi karena dianggap mampu menggambarkan pemahaman konsep siswa. Namun, penggunaannya masih dirasa kurang efisien karena bersifat manual. Oleh karena itu peneliti mengembangkan alat evaluasi menggunakan peta konsep berbasis komputer untuk materi gaya yang diberi nama Alat Evaluasi Mandiri-Gaya (AEM-G). Pada alat ini peneliti mengkhususkan pada materi Gaya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan AEM-G dan menentukan kevalidan, keefisienan, keefektifan dan kelayakan produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sebelum uji coba skala luas, dilakukan uji validasi oleh dua dosen ahli media dan ahli evaluasi kemudian dilanjutkan dengan uji coba skala terbatas. Uji coba skala luas diikuti oleh 40 mahasiswa. Pada uji coba skala luas, mahasiswa diberi penjelasan mengenai peta konsep, latihan membuat peta konsep, evaluasi menggunakan AEM-G, soal uraian dan soal peta konsep manual. Berdasarkan hasil analisis check list kelengkapan media diperoleh persentase sebesar 85.71 %, analisis angket validasi memiliki skor rata-rata dengan persentase sebesar 81,25%, hal ini menunjukkan AEM-G memiliki tingkat validitas yang terkategori baik sekali. Nilai korelasi antara AEM-G dengan soal uraian sebesar 0,67 sehingga dapat dikatakan bahwa evaluasi belajar menggunakan AEM-G sama efektifnya dengan tes uraian. Proses evaluasi menggunakan AEM-G jika dibandingkan dengan peta konsep secara manual juga lebih cepat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan AEM-G dapat digunakan sebagai alat evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Evaluasi, Gaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:45
Last Modified: 05 May 2014 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19708

Actions (login required)

View Item View Item