Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Pemalang.


Urip Nurwijayanto Prabowo , 4201408037 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Pemalang.]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Pemalang.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di kelas XI IPA III SMA Negeri 1 Pemalang menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang masih sering digunakan adalah metode ceramah sehingga siswa tidak aktif. Kegiatan laboratorium juga jarang dilakukan sehingga siswa merasa takut melakukan kesalahan dalam pembelajaran. Selain itu tingkat ketuntasan siswa pada ulangan harian I dan III semester gasal masih di bawah ketuntasan klasikal. Pada proses pengerjaan soal terdapat banyak siswa yang menyelesaikan permasalahan fisika hanya menggunakan cara seperti yang diberikan oleh guru mereka. Hal ini mengindikasikan kemampuan berpikir kreatif tidak terlatih dalam memecahkan masalah. Cara berpikir dan kepribadian siswa mencerminkan tingkat kreativitas siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam meningkatkan kreativitas siswa dan mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada sub pokok bahasan fluida dinamis. Model pembelajaran investigasi kelompok merupakan pembelajaran yang dikembangkan dengan asumsi bahwa untuk meningkatkan kreativitas siswa dapat ditempuh melalui pengembangan proses kreatif menuju kesadaran dan pengembangan alat bantu yang secara eksplisit mendukung kreativitas Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga topik. Tiap topik terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur kreativitas dalam aspek kognitif, angket digunakan untuk mengukur kreativitas dalam aspek afektif dan observasi digunakan untuk mengukur kreativitas dalam aspek psikomotorik. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan untuk mengetahui peningkatan hasil penelitian digunakan uji gain. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kreativitas siswa dalam dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik meningkat diiringi oleh peningkatan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada sub pokok bahasan fluida dinamis dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA 3. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat diterapkan oleh guru sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:45
Last Modified: 05 May 2014 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item