IMPLEMENTASI BERMAIN SAMBIL BELAJAR SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN KARAKTER SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTINI 1 MUSUK BOYOLALI


Rina Dewi Hapsari , 4201408021 (2013) IMPLEMENTASI BERMAIN SAMBIL BELAJAR SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN KARAKTER SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTINI 1 MUSUK BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI BERMAIN SAMBIL BELAJAR SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN KARAKTER SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTINI 1 MUSUK BOYOLALI]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI BERMAIN SAMBIL BELAJAR SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN KARAKTER SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTINI 1 MUSUK BOYOLALI) - Published Version
Download (22MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di delapan Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali diketahui adanya beberapa permasalahan dalam pembelajaran sains yaitu pembelajaran sains pada umumnya masih berupa bercakap-cakap dan bercerita yang sebatas sains produk bukan mengajarkan sains proses, keterbatasan alat-alat sains sehingga minat anak dalam belajar berkurang dan kedisiplinan juga tanggung jawab masih rendah rendah. Untuk mengatasi masalah yang terjadi, perlu dilakukan inovasi model pembelajaran yang dapat mengembangkan minat dan nilai karakter, salah satu model yang dapat diterapkan adalah bermain sambil belajar sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan karakter anak melalui penerapan model bermain sambil belajar sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan subyek siswa kelompok B TK Kartini 1 Musuk. Data perkembangan minat diperoleh dari angket. Sedangkan hasil perkembangan karakter anak diperoleh dari observasi. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari evaluasi tiap akhir siklus menggunakan LBS. Hasil belajar psikomotorik diperoleh dari pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Data hasil belajar kognitif, psikomotorik dan karakter anak dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan penerapan bermain sambil belajar pada pembelajaran sains dapat mengembangkan minat dan karakter tanggung jawab, disiplin, rasa ingin tahu dan komunikatif anak. Hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan. Penelitian untuk mengembangkan karakter siswa sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu lebih lama agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Belajar, Sains, Minat, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:49
Last Modified: 05 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item