PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 GUMELAR


Gilang Shinta Nurani , 4201408013 (2013) PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 GUMELAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 GUMELAR]
Preview
PDF (PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 GUMELAR) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Gumelar, Banyumas diketahui bahwa hasil belajar rendah. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa hanya menerima fakta-fakta yang harus dihafal dan masih kurangnya keterlibatan siswa karena hampir selalu diajar dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan peta konsep dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Gumelar. Peta konsep membuat mata pelajaran fisika menjadi lebih menarik dan membuat siswa dapat mengidentifikasi dan menginterpretasi konsep-konsep dan prinsip-prinsip fisika dengan jelas. Ini akan memudahkan siswa untuk mendapatkan konsep-konsep yang penting dalam fisika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri I Gumelar tahun pelajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian siswa kelas VII A, sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang penguasaan dan pemahaman siswa (aspek kognitif) dalam pokok bahasan gerak lurus melalui tes obyektif berupa soal pilihan ganda. Sedangkan observasi dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam aspek afektif dan psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan peta konsep dalam pembelajaran dengan langkah pembelajaran sesuai RPP dapat meningkatkan hasil belajar, baik kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa. Saran yang dapat diberikan kepada guru IPA terkait penelitian ini yaitu hendaknya memadukan peta konsep dengan model atau metode pembelajaran yang lain agar siswa tidak jenuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peta konsep, hasil belajar, peningkatan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:49
Last Modified: 05 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19702

Actions (login required)

View Item View Item