PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP


Atiko Marthasari Putri , 4201408009 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 15 Semarang kelas VIII tahun ajaran 2011/2012, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dikelas telah mencapai ketuntasan tetapi pada proses pembelajaran belum mengembangkan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pendekatan Snowball Throwing. Model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Snowball Throwing dilaksanakan pada proses pembelajaran fisika materi alat optik. Siswa dibagi dalam delapan kelompok dan tiap kelompok terdiri dari empat atau lima siswa. Tiap kelompok ditugaskan untuk membuat satu pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, kemudian pertanyaan tersebut ditukar dengan kelompok lain secara berputar. Setelah semua kelompok memperoleh giliran menjawab pertanyaan, kemudian dilakukan diskusi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Semarang yang terdiri dari 33 siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket skala sikap, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. Hal ini didapatkan dari data angket skala sikap siklus 1 ke siklus 2 skor rata-ratanya meningkat dari 70,6 menjadi 86,4 dengan gain 0,54 yang tergolong kategori sedang. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan. Pencapaian ketuntasan klasikal pada siklus 1 mencapai 93% dan siklus 2 sebesar 100%. Model pembelajaran kontekstual pendekatan Snowball Throwing terbukti dapat mengembangkan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, Snowball Throwing, karakter komunikatif dan rasa ingin tahu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:49
Last Modified: 05 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item